Artificial Intelligence : Teknologi Kesehatan Terbaru. Simak Cara Kerjanya Berikut Ini!

Artificial Intelligence : Teknologi Kesehatan Terbaru. Simak Cara Kerjanya Berikut Ini! –

Belakangan ini perkembangan zaman tampaknya semakin membawa banyak sekali hal-hal baru yang sangat canggih untuk kehidupan kita. Rasanya sekarang ini kehidupan dilaksanakan dengan adanya bantuan teknologi yang canggih. 

Bahkan kedatangan teknologi ini banyak sekali membantu kehidupan manusia serta memberikan efek yang positif dan juga negative seperti teknologi Artificial Intelligence. Dampak positif yang paling berpengaruh terlihat pada bidang kesehatan yang paling banyak menggunakan bantuan teknologi Artificial Intelligence. Apa sebenarnaya teknologi Artificial Intelligence itu? Apa saja manfaatnya? Simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Artificial Intelligence? 

Artificial Intelligence (AI) atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan merupakan kemampuan komputer atau robot yang sudah dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia karena membutuhkan kecerdasan manusia. 

Meskipun dinilai belum bisa melakukan semua kegiatan yang sudah pernah dilakukan oleh manusia, namun teknologi ini mampu menandingi kegiatan yang sudah pernah dilakukan manusia dalam kategori tugas tertentu. 

Sebenarnya teknologi Artificial Intelligence (AI) ini sudah ditemukan sejak beberapa tahun yang lalu namun baru disadari telah menjadi bagian kehidupan kita hanya beberapa tahun belakangan ini. 

Beberapa peran Artificial Intelligence yang sudah menjadi bagian kehidupan kita belakangan ini seperti saran cepat yang diberikan oleh mesin telusur ketika kita sedang melakukan pencarian lewat mesin telusur. 

Dengan menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) kedalam setiap aspek kehidupan yang kita lakukan seperti aspek bisnis, organisasi diyakini mampu memberikan keunggulan kompetitif, mengoptimalkan setiap tindakan yang dilakukan, dan mempercepat pertumbuhan suatu perusahaan tersebut. 

Cakupan dari teknologi Artificial Intelligence (AI) ini dinilai sangat luas dan akan terus berkembang dan mengubah dunia di masa yang akan datang. 

Apakah Artificial Intelligence Dan Machine Learning Sama?

Pastinya anda pernah bertanya-tanya bukan apakah Artificial Intelligence ini sejenis teknologi yang sama dengan Machine Learning? Jawabannya adalah kedua jenis teknologi ini tidak sama namun masih memiliki hubungan erat satu sama lainnya. 

Machine Learning merupakan metode untuk melatih komputer dalam belajar menginput suatu pemrograman eksplisit untuk setiap keadaan yang dibutuhkan. Mesin ini nantinya akan membatu komputer dalam mencapai teknologi Artificial Intelligence. 

Dengan adanya Machine Learning maka komputer dinilai mampu menangani berbagai pengalaman, analisis, sekaligus mengobservasi. Kedua teknologi ini bahkan memiliki hubungan yang sangat dekat karena Machine Learning ini merupakan teknologi yang akan menjadi bagian dari Artificial Intelligence nantinya. Keduanya sama-sama memberikan peran yang sangat penting untuk kehidupan kita saat ini. 

Bagaimana Cara Kerja Artificial Intelligence (AI)? 

Teknologi Artificial Intelligence akan bekerja menggunakan taiga teknik yakni AI simbolik, berbasis data, dan pengembangan masa depan. Kecerdasan buatan simbolik mencakup system pakar, logika Fuzzy, dan prinsip awal AI.

Menurut pakar komputer, komputer akan diberikan masalah dan beberapa praktikan akan memeriksa keterampilan pemecahan masalah solusinya untuk keberlanjutan teknologi ini. 

Apa Dampak Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan?

Kedatangan teknologi Artificial Intelligence (AI) sekarang ini banyak menimbulkan perdebatan di kalangan masyarakat karena dinilai tak hanya memberikan dampak positif melainkan juga dampak negative bagi kehidupan. 

Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa teknologi Artificial Intelligence (AI) ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari dengan menggantikan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia bahkan tugas rumit sekalipun yang dilakukan lebih baik dibandingkan manusia biasa sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. 

Namun, tak sedikit juga yang berpendapat bahwa Artificial Intellligence (AI) ini dapat memberikan dampak resiko privasi yang berbahaya, meningkatkan rasisme dengan standard orang-orang, dan menggantikan pekerjaan orang-orang sehingga meningkatkan adanya pengangguran. Mari simak lebih lanjut apa saja dampak-dampak yang ditimbulkan dengan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) ini!

 

Dampak Positif Teknologi Artificial Intelligence (AI) 

  1. Meningkatkan efisiensi pekerjaan

Salah satu dampak positif yang bisa kita rasakan dengan kemunculan teknologi Artificial Intelligence ini adalah kemudahan dalam melakukan pekerjaan yang terasa sulit. 

Dengan adanya kecerdasan buatan, maka efisiensi di tempat kerja pun bisa kita rasakan karena  biasanya pekerjaan sulit akan lebih mudah dilakukan oleh robot rancangan teknologi Artificial Intelligence ini.

 Ketika rancangan teknologi Artificial Intellligence membantu manusia dengan mengambil alih pekerjaan sulit dan berbahaya yang biasanya dilakukan oleh manusia maka hal ini akan mempermudah pekerjaan manusia dan terasa lebih cepat siap. 

  1. Berperan penting dalam bidang kesehatan

Artificial Intelligence (AI) ternyata juga berperan penting dalam bidang kesehatan karena mampu melakukan pemantauan dan diagnostic yang sangat bagus dalam bidang kesehatan. Bahkan kecerdasan buatan ini mampu memberikan dampak positif yang sangatt baik sekali untuk perawatan kesehatan. 

Dengan peningkatan fasilitas kesehatan dan organisasi medis, maka Artificial Intelligence (AI) mampu mengurangi biaya operasi yang terlalu mahal dan menghemat biaya operasi. 

 Menurut prakirawan McKinsey yang memprediksi data besar yang dapat terbantu dengan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI) ini adalah penghematan obat-obatan dan farmasi hingga 100 miliar per tahunnya dengan adanya teknologi ini. 

Artificial Intelligence (AI) juga memberikan dampak yang sangat besar sekali dalam bidang perawatan yang dilengkapi dengan adanya rencana perawatan dan protocol obat yang sudah dipersonalisasi serta dilengkapi dengan adanya penyediaan akses yang sangat baik untuk seluruh fasilitas medis agar mampu membantu dalam penginformasian perawatan pasien dengan mudah. 

Selain dalam bidang pelayanan kesehatannya, Artificial Intelligence (AI) ini juga berperan dalam memberikan pengobatan dan pembacaan sinar X dengan mudah untuk seluruh pasiennya yang menderita penyakit sejenis kanker dan penyakit berat lainnya. 

  1. Peningkatan produktivitas 

Dampak positif lainnya  yang bisa anda rasakan dengan kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI) ini adalah peningkatan produktivitas dalam bidang lalu lintas. Teknologi Artificial Intelligence (AI) ini akan memberikan pengenalan dalam bidang transportasi otonom dan penyebab masalah kemacetan lalu lintas. 

Kalau biasanya macet akan membuat stress dan kepala pusing, maka dengan adanya teknologi AI ini akan memberikan efek kemacetan yang berbeda karena waktu menunggu macet akan dihabiskan dengan berbagai hal yang berbeda dengan biasanya. 

  1. Berperan penting dalam bidang criminal

Tanpa disadari, ternyata teknologi Artificial Intelligence juga sangat dibutuhkan dalam bidang penyelidikan aktivitas tindak krimimal dalam bentuk pengenalan wajah dengan adanya identitas sidik jari yang ditemukan pada lokasi kejahatan. 

Dengan adanya alat bantu pendeteksi sidik jari yang bisa mengidentifikaasi wajah ini, maka menemukan pelaku kejahatan menjadi suatu hal yang mudah. Dalam system pengadilan, teknologi AI juga berperan dalam memberikan informasi individu tanpa melanggar privasi individu tersebut 

Dampak Negatif Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Kehidupan

  1. Membutuhkan peraturan global

Salah satu dampak negative dari penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) ini adalah kebutuhan penerapan peraturan global karena penerapan teknologi ini biasanya membutuhkan peraturan dan undang-undang khusus agar dapat memastikan interaksi global yang aman dan efektif. 

Dimana Eropa telah memberikna pendekatan yang transparan lewat teknologi AI ini sehingga memungkinkan China dan Amerika Serikat akan mewajibkan penggunaan teknologi pada setiap perusahaan Negara mereka secara liberal. 

  1. Kehilangan pekerjaan 

Kedatangan teknologi Artificial Intelligence (AI) akan membuat banyak manusia kehilangan pekerjannyan karena kemampuan teknologi AI yang mampu menciptakan robot yang bisa melakukan pekerjaan sulit yang biasanya dilakukan oleh manusia. 

Seterusnya mesin AI ini nantinya akan menggantikan kegiatan yang dilakukan manusia sehingga membuat banyak orang akan kehilangan pekerjaannya karena kehadiran teknologi ini.

Leave A Comment?

You must be logged in to post a comment.