Cara Setting Domain Custom ke Blogspot

Apakah Anda pengguna Blogspot? Sedang mencari cara untuk mengganti alamat Blogspot dengan nama domain sendiri? Nah, artikel ini ditulis untuk Anda.

Blogspot.

Blogspot merupakan salah satu platform blog yang lumayan populer di kalangan para pemilik website. Rata-rata penggunaannya untuk situs web jenis blog dan situs berita. Saya sendiri sudah cukup lama juga menggunakan platform ini, dan kalau boleh dibilang, jika dilihat dari sisi banyaknya pengguna, Blogspot merupakan salah satu saingan terberatnya WordPress. Hampir sebelas–duabelas lah. <br> Pada layanan Blogspot juga terintegrasi dengan layanan yang Google Adsense yaitu program pay per click (PPC) dari Google yang akan membayar kita saat ada yang klik iklan di blog kita. Bila kita menggunakan blog dari blogspot kita bebas memasang kode adsense. Begitu juga dengan javasript, script yang terkenal dikarenakan bisa memberi nuansa lebih dinamis dan intraktif pada blog.

Apa yang Perlu Anda Siapkan?Sebelum memulai tutorial cara menghubungkan domain ke blogspot, ada tiga hal yang perlu Anda persiapkan sebaik-baiknya:
1
Akun blogger.

Blogger atau Blogspot mungkin dikenal sebagai platform blog jadoel. Platform blog ini cukup eksis sebelum tahun 2010. Masih satu jaman dengan Friendster ketika masih berjaya. Jauh sebelum Facebook dan Twitter sepopuler sekarang.

2
Domain yang aktif.

Tahukah Anda, setiap nama domain yang dibuat akan terdaftar di domain registrar (penyedia nama domain) di bawah naungan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Sebuah organisasi internasional non-profit yang bertugas mengkoordinasi perawatan serta pendataan database nama domain di seluruh dunia.

3
Akses ke editor DNS (untuk lebih jelasnya,
mintalah bantuan ke provider hosting/domain registrar Anda).

DNS adalah singkatan dari Domain Name System. DNS ini berfungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host melalui host name-nya.




1. Menyesuaikan NAMESERVER Di Panel Domain

Nameserver merupakan alamat server yang menjadi rujukan pointing suatu domain dan diarahkan ke suatu alamat IP Address tertentu. Pastikan Anda menyesuaikan nameserver ini sesuai dengan nameserver registrar domain dimana Anda membeli domain. Jika Anda membeli domain di Jagoweb, maka settingan nameserver untuk custom domain Blogspot ini adalah:

ns11.jagowebhosting.com
ns12.jagowebhosting.com

2.Mengambil dan Menambahkan CNAME

Untuk menggunakan CNAME records yang dibutuhkan, buka Settings blog -> Publishing -> +Setup a 3rd party URL for your blog. Lalu Masukkan nama domain sesuai dengan format yang berlaku misalnya: www.test.com Beberapa saat kemudian akan muncul layar yang menampilkan CNAME records yang dibutuhkan.

Untuk menggunakan CNAME records yang dibutuhkan, buka Settings blog -> Publishing -> +Setup a 3rd party URL for your blog. Lalu Masukkan nama domain sesuai dengan format yang berlaku misalnya: www.test.com Beberapa saat kemudian akan muncul layar yang menampilkan CNAME records yang dibutuhkan.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21




Tutorial PentingPahami order Hosting dan Domain dengan mudah dan menyenangkan.