Google Search Console

Ini adalah salah satu layanan gratis dari google yang ditujukan untuk membantu pengelola website agar mudah mengetahui kondisi websitenya. Isi dari GSC ini adalah statistic atau data yang secara real time disajikan untuk menilai website kamu.

Mulai dari urusan statistic kunjungan website, halaman yang paling banyak dicari sampai dengan dengan kondisi website kamu.

Pun dari tools ini juga membantu kamu untuk mendapatkan solusi atas masalah yang terjadi di website. Misalnya masalah indexing, maka kamu bisa mengetahuinya dengan baik dan mencari tahu penyebabnya untuk kemudian bisa mengajukan indexing pada google.

Baca Artikel tentang 10 Alasan Kenapa Perlu Beli Hosting Di Jagoweb

Apa Sebenarnya Manfaat Dari Google Search Console

Untuk orang yang pengelola blog, GSC ini adalah senjata atau juga alat untuk membantu pengelola mengetahui websitenya. Tanpa alat ini tentu saja kita menjadi buta, sebab kita tidak mengetahui bagaimana hasilnya juga bagimana pengoptimalannya.

Mari kita langsung bahas mengenai manfaat GSC di ulasan hari ini.

1. Mengetahui Kondisi Website

Taukah kamu bahwa sebuah website itu perlu untuk dicek kondisinya, kamu bisa mengetahui kondisi website secara keseluruhan dengan GSC. Sebab di dalam GSC ini menampilkan data penting ini, misalnya adalah

Total tayangan

Ini merupakan fitur yang menunjukkan total tayangan website di hasil pencarian google.

Jumlah klik

jumlah klik yang diterima sebuah halaman dari hasil pencarian google.

Posisi website

menunjukkan posisi website atau ranking website secara rata-rata di hasil pencarian google.

CTR

perbandingan jumlah klik dengan total tayangan di google.

Queri

Ini merupakan fitur yang menunjukkan total tayangan website di hasil pencarian google.

2. Mengoptimalkan Website

GSC juga digunakan untuk mengoptimalkan website. Pengoptimalan adalah perbaikan dan membuat website bekerja dengan baik dari yang sebelumnya. Dengan banyak petunjuk yang ditampilkan di GSC maka bisa digunakan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan websitenya.

Ada beberapa contoh pengoptimalan yang bisa dilakukan dengan menggunakan GSC ini, diantaranya adalah

    1. Mengetahui aktifitas indexing halaman, jika ada masalah bisa memperbaikinya
    2. Mengoptimalkan penggunaan keyword
    3. Mengoptimalkan performa website di perangkat mobile
    4. Melihat sumber backlink dan meningkatkan kualitas internal backlink

Dengan mengakses GSC ini kamu bisa memaksimalkan websites dengan pengoptimalan yang kamu lakukan.

3. Menunjukkan Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari

Ketika kamu membuka menu performance >> query, akan langsung menunjukkan keyword atau query yang menghasilkan banyak taffic. Atau dengan sederhananya, keyword yang membawa hasil pencarian organik ke website kamu.

Nah dari kuori-kuori yang ada disini, bisa dimaksimalkan untuk membuat konten dengan keyword potensial tersebut. Sehingga pengembangan ini bisa menghasilkan traffic website yang tinggi daripada tidak sama sekali.

4. Mengetahui Halaman yang Paling Banyak Dikunjungi

Seiring hadirnya tampilan keyword potensial maka kamu juga bisa mengetahui halaman website yang banyak dikunjungi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diketahui dari penggunaan GSC untuk website kamu. GSC ini perlu dimiliki dan dipahami terutama untuk pengelola website, karena ini adalah tools utama untuk mengetahui seluk beluk website.

Fitur yang Ada di Google Search Console

Ada banyak fitur utama dalam GSC. Tentunya fitur-fitur ini memiliki fungsi masing-masing. Jika mengetahui fungsinya kita bisa mengetahui bagaimana GSC bekerja.

1. Performance

Ini adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menunjukkan performa website. Dari fitur ini kita bisa mengetahui bagaimana sebuah website bekerja dalam periode waktu khusus. Dimana dari fitur performance ini akan menampilkan jumlah tayangan, jumlah klik, kueri sampai dengan komponen lain yang bisa menunjukkan atau memengaruhi performa website.

2. Inspeksi URL

Inspeksi URL digunakan untuk mengecek url di website Anda. Dari hasil inspeksi ini akan muncul laporan atau status halaman yang kamu cek. Website yang terindex dengan baik akan langsung terlihat disini, sedangkan jikahalaman yang memiliki masalah pengindexan sampai dengan error juga akan terlihat. Sehingga kamu bisa melakukan perbaikan dan optimasi dari hasil index ini.

Baca Artikel Membuat Email Perusahaan di cPanel

3. Cakupan

Cakupan digunakan untuk melihat kondisi kesuluruhan halaman website. Di menu ini akan menunjukkan halaman apa saja yang error, halaman yang sudah dindex, sampai dengan halaman yang dikecualikan.

Jika bisa membaca menu cakupan ini, kamu bisa mengetahui dan memperbaiki halaman yang bermasalah. Jadi website menjadi lebih baik.

4. Sitemap

Ini adalah menu yang digunakan untuk membantu google untuk memahami sebuah website. dengan memasukkan sitemap tertentu akan membantu google mengindex halaman sehingga website bisa diakses dalam mesin pencari. memasukkan sitemap ini sebenarnya tidak darurat namun diperlukan, sehingga pengelola website bisa menggunakan menu ini atau kondisional.

5. Pengalaman Pengguna untuk Halaman

Selanjutnya adalah mengetahui pengalaman pengguna atau user experience, baik itu menggunakan perangkat mobile atau desktop. Hal ini perlu diketahui agar pengelola mengetahui bagaimana performa website di browser pengguna. Jika pengalaman halaman masih kurang tentunya perlu pengoptimasian sehingga website lebih layak atau lebih baik untuk diakses

Ada banyak sekali fitur yang ada dalam GSC, tentunya fitur ini memiliki fungsi khusus dan penting untuk kita sebagai pengelola website untuk memahami fungsi fitur dalam GSC ini.

Kami juga memiliki ulasan tentang cara penggunaan google search console yang bisa dipahami di halaman cara menggunakan google search console.

Kesimpulan

Untuk kamu yang memiliki website bisa menggunakan GSC atau google search console yang memberikan banyak wawasan untuk mengetahui data di dalam website, meliputi statistic jumlah kunjungan sampai dengan statistic untuk halaman yang terindex dan masih banyak lagi. Untuk menggunakannya kamu perlu mendaftarkannya terlebih dahulu.

Baca Artikel Traffic Pengunjung Website Mulai Tinggi, Saatnya Ganti Hosting Website Anda

Nah itulah ulasan tentang GSC dari Jagoweb. nantikan banyak artikel menarik yang lainya yang tentunya bisa menambah wawasan kamu. Ada juga banyak tutorial di dalamnya atau juga info teknologi yang sayang dilewatkan.

Jika ingin mencari layanan hosting, domain atau pembuatan website, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Jagoweb. Untuk order hosting dan domain murah pastinya juga bisa. Cek di halaman hosting Jagoweb atau domain murah.

Baik, sekian ulasan tentang Google search console hari ini, semoga berguna!