Pengertian Domain Dan EkstensinyaPengertian Domain Dan Ekstensinya - Bagi Anda yang menggunakan website untuk berbisnis ataupun hanya sebagai tempat untuk menyalurkan hobby, biasanya bagaimana Anda menentukan nama website yang Anda gunakan? Apakah asal saja dengan menyusun 2 kata atau menyusun kombinasi antara kata dan angka. Taukan nama domain website itu menggambarkan apa yang ada didalam website. Pasti pernahkan menemukan website dengan nama  merujuk pada jual beli baju bekas tetapi pas dibuka isinya lain. 

Selain itu menentukan nama domain juga tidak sembarangan. Belum lama ini ada permasalahan tentang nama brand dari suatu produk dan akhirnya diproses di meja hijau. Sama seperti nama domain, jangan sampai kita hanya menyalin atau membuat nama domain hampir mirip dengan website milik orang lain jika tidak mau kena masalah.

Sejarah Domain Yang Perlu Diketahui

Meskipun pembahasan kita tentang teknologi, tidak ada salahya mempelajari sejarahnya, karena masih behubungan erat dengan terciptanya suatu teknologi. Selain itu, belajar sejarah juga dapat menambah pegetahuan. Domain muncul beriringan dengan terciptanya website/ Sejarah domain dimulai pada tahun 1985 dimana salah satu perusahaan produsen komputer bernama Massachusetts mendaftarkan domain dengan nama Symbolics.com.

Semakin berjalannya waktu muncul beberapa domain penipu yang mana mengarahkan pada situs-situs pornografi, disini nama domain dan isinya sangat tidak sesuai. Semakin maraknya domain penipu membuat pemerintah pad atahun 2003 menciptakan peraturan Undang-Undang perlindungan nama domain yang diperuntukkan untuk siapa saja pelaku pembuat domain penipu akan mendapatkan hukuman. Hingga sekarang sudah banyak nama nama domain website yang gratis maupun murah yang sudah terdaftar. 

Estensi Domain 

Saat mencari informasi disuatu website, jika diperhatikan pasti ada yang belakangnya menggunakan .com, .org, .co.id dan lainnya. Akhiran pada nama website dinamakan dengan ekstensi website. Dalam menentukan ekstensi dalah nama domain website juga tidak bisa sembarangan karena ada beberapa ekstensi yang hanya boleh digunakan organisasi tertentu. 

Apa sebenarnya ekstensi domain? Jadi seperti penjelasan diatas,  ekstensi domain dapat diartikan sebagai akhiran dari sebuah domain. Setiap negara memiliki estensi domain yang berbeda ( ekstensi domain Country Spesifict)  seperti .sg adalah ekstensi dari Singapura, .my adalah ekstensi milik Malaysia dan .id adalah ekstensi milik Indonesia. Setiap ekstensi yang digunaan memiliki kegunaan masing-masing. Untuk ekstensi .id, .my.id adalah ekstensi domain untuk web personal, .co.id adalah ekstensi untuk web perusahaan, dan masih banyak lagi. Ekstensi domain bisa juga disebut sebagai Top Level Domain. Baca Juga: Web Hosting murah dan Berkualitas

Jenis Top Level Domain

Jenis Top Level Domain yang pertama adalah General Top Level Domain. Jenis ekstensi ini bersifat general atau umum. 
1.    .com,  ekstensi yang digunakan untuk website komersil atau beberapa keperluan lainnya
2.    .edu, ekstensi yang digunakan khusus untuk website lembaga pendidikan
3.    .net, ekstensi yang digunakan untuk keperluan website network
4.    .org, ekstensi yang digunakan untuk website organisasi
Country code Top Level Domain digunakan berdasarkan kode dari sebuah negara. 
1.    .id, ekstensi yang digunakan untuk nama domain dari Indonesia
2.    .sg, ekstensi yang digunakan untuk nama domain dari Singapura
3.    .us, ekstensi yang digunakan untuk nama domain dari Amerika Serikat
New generic Top Level Domain adalah ekstensi bentuk baru dari General Top Level Domain.
1.    .host, ekstensi yang digunakan untuk website hosting 
2.    .store, ekstensi yang digunakan untuk website bisnis lokal mupun e-commerce

Fungsi dari Nama Domain 

Pengertian Domain Dan EkstensinyaTau tidak sih kalau dahulu saat kita ingin membuka salah satu website harus mengunakan kombinasi angka-angka alamat IP? Mau tidak mau kita harus menghafalkan kombinasi angka-angka tersebut. Semakin berjalannya waktu, penggunaan kombinasi angka sudah tidak berlaku dan digantikan oleh nama domain. Maka fungsi nama domain adalah menggantikan kombinasi-kombinasi angka dengan nama domain. 

Selain menggantikan kombinasi, fungsi nama domain yang paling utama adalah mempermudah para pengguna internet dalam melakukan akses dalam ke suatu website. Dengan adanya nama domain ini maka sebuah website dapat dengan mudah diakses oleh siapapun termasuk anak kecil yang sudah mulai mengenal dunia internet. Bahkan adanya nama domain website  membuat banyak masyarakat umum dari berbagai usia mulai membuat website untuk dirinya sendiri. 

Sekarang sudah taukan tentang bagaimana pentingnya keberadaan nama domain website. Jadi jangan asal menggunakan nama domain untuk website Anda. Salah satu cara menentukan nama domain Anda bisa memakai jasa hosting dan domain website. Salah satunya menggunakan jasa Jagoweb.com. Perusahaan web hosting murah dan terbaik bagi website dan tentunya Anda bisa medapatkan domain Anda secara gratis dan tentunya tidak akan sama dengan yang lainnya. Harga yang ditawarkan setiap paket di Jagoweb.com sangatlah terjangkau dan jangan khawatir karen hasilnya sangat memuaskan. Segera dapatkan domian Anda sendiri di Jagoweb.com.