Fitur-fitur Dasar Hosting Cpanel

Hallo assalamualaikum, disini kita akan membahas mengenali fitur- fitur hosting cpanel. Apa saja sih fitur- fitur cpanel? Bagaimana cara menggunakanya? Lalu fungsinya apa saja pada setiap fitur- fitur cpanel? Lalu apa sih fungsinya cpanel juga? Baca deh. Penting banget.

Pengertian cpanel

Apa yang anda ketahui tentang cpanel? Cpanel adalah tool yang paling popular untuk mengelola website anda. Iya, dengan cpanel anda tidak perlu menggunakan cara manual untuk membuat dan mengelola website lagi. Anda juga tidak perlu menghubungi staff untuk pembuatan alamat, subdomain, backup dan lain sebagainya.

Apa Kelebihan Serta Kekurangan Cpanel?

Saking canggihnya fitur- fitur cpanel, dan tata cara pengggunaanya pun sudah beragam, dari yang paling sederhana sampai ke level tertinggi. Berbagai fitur yang tersedia, disesuaikan dengan kegunaan nya masing- masing loh. Dimana dalam penggunaanya memiliki kelemahan dan kelebihan. Simak yuk .apa ajah sih kelebihan dan kekurangannya. Mari kita bahas tentang kelebihan dari cpanel, dan kemudian dilanjut deh sama kekurangannya. Jadi setiap apapun itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yah gaes. Ada beberapa Kelebihan cpanel baca yuk: - Cpanel mudah digunakan oleh para pengguna. - Untuk tata cara penggunaanya pun mudah dipahami dan dimengerti. - Meyediakan panduan online atau tutorialnya. - Mempunyai banyak software yang sudah terinstall secara otomatis. - Sudah banyak yang uji coba. - Memudahkan mengolah website secara efektif bukan secara manual. Nah akan dibahas lagi berikutnya yaitu untuk kekurangan dari cpanel. Apa aja sih. - Saking banyaknya fitur, kadang juga memperlambat fungsi dari cpanelnya loh. - Pengaturan yang sudah kita terapkan tiba- tiba berubah sendiri. - Biaya mahal dan jarang ada gratisan, apalagi untuk kalangan pemula yang mencoba cpanel itu, akan membutuhkan dana lebih banyak. - Beberapa software yang dimilki cpanel tidak terupgrade. seperti yang sudah diketahui cpanel memang berguna untuk mengelola website. Terutama bagi kalian yang mempunyai bisnis di bidang ini, akan sangat bermanfaat jika menggunakan cpanel, Agar tidak membuang- buang waktu. Namun dibalik kelebihannya yang mudah untuk pengaturan website serta kelebihan yang lain. Dibalik itu kita juga harus membutuhkan dana lebih agar website bisa terhosting dengan sempurna ya gaes.

Fungsi CpanelBisa dibilang cpanel itu sebagai pondasi jalannya sebuah hosting program juga. Dimana bagian ini akan membahas fungsi daric panel. Nah untuk pengertiannya yaitu Fungsi cpanel adalah perintah- perintah untuk mengelola program pendukung di website. Maksud dari program pendukung website itu, seperti php, database mysql, apache dan lain sebagainya. Point- point yang tertera dibawah merupakan bagian fungsi cpanel, dimana fungsi cpanel memiliki manfaat untuk mengelola program website anda.
1
Dapat mengatur konfigurasi php.
Provider
2
Dapat membuat dan menghapus alamat email
Names
3
Dapat melihat statistic pengunjung.
Team
4
Dapat mengaploud file- file website dan database.
Clients

Fitur-fitur Dasar Hosting Cpanel

Dari banyaknya fitur yang tersedia,sebelum menggunakannya. Mari terlebih dulu kita mengenali fitur dasar hosting cpanel.

Spam assasins, untuk menyaring email secara otomatis

SpamAssassin adalah salah satu fasilitas hosting yang ditawarkan oleh Rumahweb, yang berfungsi untuk memproteksi email dari spam. Dengan menggunakan metode dan algoritma tertentu, SpamAssassin menyaring e-mail masuk sehingga e-mail account milik pelanggan web hosting terlindungi dari SPAM.

Boxtrapper,

BoxTrapper berfungsi sebagai filter spam untuk alamat email. Filter bekerja melalui verifikasi "tantangan-respon". Ketika email dikirim ke account yang telah memungkinkan BoxTrapper, BoxTrapper otomatis mengirimkan email verifikasi di respon.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Pada umumnya subdomain mengacu pada alamat fisik suatu situs misalmya domain-anda.com adalah domain induk maka admin.domain-anda.com atau blog.domain-anda.com adalah subdomain. Subdomain biasanya diletakan di depan domain induk yang dipisah dengan titik (dot).

Addon domain

Addon domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke subdirektori sebuah website sehingga domain tersebut akan menampilkan isi web dari subdirektori tersebut. Addon domain digunakan jika ingin menggunakan satu hosting untuk beberapa domain.

Parked domain

Parked Domain adalah pendaftaran nama domain Internet tanpa domain itu dikaitkan dengan layanan apa pun seperti email atau situs web. Ini mungkin telah dilakukan dengan maksud untuk memesan nama domain untuk pengembangan di masa depan, dan untuk melindungi terhadap kemungkinan cybersquatting.

Redirect

Redirect adalah teknik yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung domain Anda ke URL yang berbeda. Anda dapat meneruskan nama domain ke situs web apa pun yang tersedia secara online. Saat seseorang mengetik atau mengklik pada URL asli, mereka akan dibawa ke halaman atau situs web baru.

Dns zone editor

DNS zone editor adalah komponen dari internet yang mengubah nama domain-dibaca manusia (misalnya, example.com) menjadi alamat IP dapat dibaca komputer (misalnya, 192.0.32.10). DNS menggunakan file zona yang berada pada server Anda untuk memetakan nama domain ke alamat IP.

Mx entry

MX Entry berfungsi untuk menunjukan lokasi email server. Dengan menggunakan fitur MX entry yang ada di cpanel kita dapat menentukan tujuan server emailnya

Ssl/ tls manager

AWS Certificate Manager adalah layanan yang memungkinkan Anda dengan mudah menyediakan, mengelola dan menerapkan sertifikat Secure Socket Layer/Transport Layer Security (SSL/TLS) untuk digunakan bersama layanan AWS serta sumber daya internal yang tersambung.

Ip deny manager

IP Deny Manager memiliki peran yang sangat krusial dalam rangka melindungi web anda dari berbagai serangan yang berbahaya. Seperti yang diketahui bahwa dunia internet memiliki ancaman dari berbagai penjuru. Hal ini bahkan akan membuat anda harus memberikan perhatian ekstra kepada situs anda. Di sini yang harus anda lakukan adalah memberikan pencegahan agar IP Address, nama domain dan juga melakukan pemblokiran terhadap sejumlah IP Address yang berniat mengakses web anda untuk tujuan yang negatif. Contoh khasusnya adalah ketika ada orang yang tidak seharusnya datang dan mengakses website anda, maka hal ini bisa dicegah lebih lanjut dengan fitur IP Deny Manager yang satu ini.

Virus scanner

Virus Scanner adalah sebuah fitur yang mengecek file – file di dalam website. Pilihan untuk mengecek bermacam-macam seperti Scan Mail, Scan Public Web Space dan lain-lain.

Tutorial PentingPahami order Hosting dan Domain dengan mudah dan menyenangkan.