panel hostingMengenal CPanel untuk Control Panel Hosting - Bagi pengguna hosting, nama cpanel merupakan satu penyebutan yang tidak asing lagi di telinga. Bagaimana tidak, cpanel merupakan salah satu dari banyak panel hosting yang cukup popular dan banyak digunakan untuk membantu mengelola hosting yang digunakan.

Kepopuleran panel hosting ini tidak bisa dipisahkan dari kemudahan yang ditawarkan cpanel untuk penggunannya, sehingga masyarakat yang masih awam dengan perhostingan bisa cepat memahami panelnya dengan mudah.

Walaupun ada control panel lain, cpanel ini tetap menjadi pilihan utama. Memangnya apasih kelebihan cpanel dari control panel yang lain? Mari kita di artikel Cpanel untuk control panel hosting berikut ini.

Panel Hosting : Cpanel

Cpanel adalah panel hosting yang digunakan untuk membantu me-manajemen hosting dan website sehingga pengaturan website bisa lebih mudah. Seperti yang kita tahu dalam pengelolaan hosting dan website ada banyak sekali konfigurasi di dalamnya, mulai dari pengaturan domain, website, sampai dengan email domain.

Sehingga agar semua bagian ini mudah di-manage dalam satu tempat maka dibuatlah satu panel hosting yang memiliki kemampuan untuk mengatur semuanya. Umumnya ketika Anda sudah menjadi satu pelanggan layanan hosting maka akan mendapatkan akses panel hosting ini, sehingga Anda bisa langsung masuk dalam dashboard cpanel dengan mudah untuk mulai membangun dan mengelola website.

Apa Fungsi dari Cpanel?

Fungsi utama dari cpanel adalah memudahkan pengelolaan layanan hosting website namun disamping itu ada fungsi-fungsi secara spesifik dari cpanel. Beberapa diantaranya adalah

1. Pengelolaan Database Website

Seperti yang kita tahu, database adalah satu ruangan yang berisi kumpulan data website. Semua sistem yang berjalan dalam website tersimpan dalam database ini, jika nantinya perlu pengelolaan seperti pengubahan, penghapusan maupun penambahan untuk sistem website bisa dikelola dalam database panel hosting.

2. Pengelola Filepengelan file websie

Ketika Anda menggunakan website CMS seperti Wordpress, Joomla! dan lain sebagainya maka file yang ada di dalam website tersimpan dalam hosting dan file-file ini bisa diakses menggunakan cpanel.

Beberapa file misalnya konten, gambar, grafik maka untuk pengelolaannya bisa melalui cpanel tanpa harus masuk ke dalam website. Pengelolaan data ini misalnya untuk penghapusan, restore data sampai dengan pengecekan kapasitas yang sudah digunakan untuk website. Jika kapasitas penyimpanan sudah habis maka penghapusan file bisa dilakukan.

3. Pengelolaan Domain

Dalam layanan hosting, domain tidak hanya satu itu saja namun ada opsi untuk melakukan penambahan domain atau addon domain dan pembuatan sub domain. Hal ini bisa Anda lakukan menggunakan cpanel dengan mudah.

Pengelolaan domain lain seperti setting DNS dan menghubungkan domain ke server hosting bisa dilakukan dengan mudah melalui cpanel.

Informasi mengenai pembuatan subdomain menggunakan cpanel bisa Anda ikuti dalam Tutorial Membuat Subdomain menggunakan Cpanel Hosting berikut ini.

4. Pengelolaan Email Domain

Salah satu fasilitas yang diberikan dalam layanan hosting adalah email domain. Pembuatan email domain bisa Anda lakukan di cpanel dengan mudah dan cepat. Selain itu pengelolaan domain juga bisa dilakukan untuk pengamanan email, penyaringan pesan masuk, penyimpanan arsip email sampai pengelolaan lebih detail tentang email.

Jika Anda ingin mengetahui cara membuat email domain melalui cpanel bisa diikuti melalui halaman Tutorial membuat email domain sendiri dengan cpanel berikut ini.  

5. Keamanan dan Pemantauan Grafik

Pernahkah Anda melihat grafik keseluruhan dari website Anda? Nah ini bisa dilakukan melalui cpanel loh. Grafik website jumlah kunjungan, jangka waktu sampai bandwidth bisa Anda lihat melalui cpanel.

Sedangkan untuk urusan keamanan, cpanel membantu mengelola keamanan untuk menghindari spam email, pengelolaan SSL website dan menjaga website dari resiko keamanan lainya.

Dengan fungsi-fungsi di atas, cpanel menyajikan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami sehingga pengguna bisa mengelola hal-hal yang sebelumnya terasa rumit menjadi lebih mudah. Tanpa ada cpanel bisa saja pengelola website merasa kesulitan untuk menghandle semuanya.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Cpanel?

Kita tahu bahwa panel hosting yang digunakan layanan hosting terbaik bukan hanya cpanel saja. Namun kenapa cpanel memiliki keutamaan diantara panel hosting lainya? Kenapa cpanel dipilih diantara panel hosting lainya? Tentu saja ini karena kelebihan yang dimiliki cpanel. Berikut kelebihan dan kekurangan hosting panel cpanel

Kelebihan Cpanel

1. Mudah Untuk Pemula

Cpanel merupakan panel hosting yang terkenal popular mudah digunakan terutama untuk pemula, untuk itu cpanel banyak dipilih untuk pelanggan hosting yang pengetahuan tentang hosting dan websitenya masih cukup minim. Untuk belajar dan pemahaman, panel hosting ini sangat friendly.

2. Mudah Digunakan

Selanjutnya alasan pemilih panel hosting ini karena mudah digunakan. Pengguna tidak perlu mengatur website dan hosting dengan cara yang rumit. Menggunakan dashboard yang sederhana dari cpanel urusan hosting, website, domain sampai email bisa dikendalikan dengan baik.

3. Menyediakan Website Installer

Salah satu kelebihan cpanel adalah menyediakan website installer sehingga pengguna website pemula bisa langsung membangun website dengan mudah. beberapa contoh website installer yang disediakan di cpanel adalah Wordpress, Joomla!, Drupal dan lain sebagainya.

Beberapa kelebihan di atas merupakan hal yang menjadi kelebihan cpanel, banyak orang memilih hosting panel ini karena kelebihan ini. 

Kekurangan Cpanel

1. Performa Cpanel Lambatkekurangan cpanel

Cpanel nyatanya memiliki kekurangan sendiri, lengkapnya fitur yang disajikan cpanel membuat performanya kurang maksimal atau malah memberatkan. Sehingga untuk pengelolaan hosting cpanel, minusnya adalah masalah performanya.

2. Pengaturan yang Berubah Otomatis

Terkadang pengaturan yang sudah di setting di cpanel bisa berubah secara tiba-tiba dan pengelola tidak menyadarinya. Untuk itu pengelola harus rajin melakukan pengecekan secara berkala untuk memeriksa jika ada perubahan yang tidak disadari.

Apakah Cpanel Efektif Digunakan?

Ya, tentu saja. Walaupun memiliki kekurangan namun kelebihan yang ditawarkan tetap maksimal sehingga menjadi panel hosting yang popular di kalangan pengelola website dan hosting.

Bagaimana tertarikkah menggunakan cpanel untuk website dan hosting Anda? Salah satu penyedia layanan hosting yang menggunakan cpanel adalah Jagoweb. Hosting murah dan ramah untuk semua kalangan. Harga mulai dari RP. 9000 sudah bisa dapat hosting.

Jangan lewatkan juga promo hosting yang banyak digelar untuk pelanggan, mulai dari promo pembuatan website, hosting sampai domain bisa dapat potongan sampai 50%. Jangan sampai terlewat ikuti infonya hanya di promo jagoweb.