Rumus Digital Marketing

Menggunakan marketing digital juga memerlukan pemahaman rumus atau formula yang digunakan di dalamnya. Berikut adalah rumusnya:

Tabel Formula Digital Marketing

Formula

Singkatan

Rumus

CTR

Click through rate

jumlah klikjumlah tayangan x100

CR

Conversion rate

jumlah konversijumlah klikx100

CPC

Cost per click

biaya iklanjumlah klikx100

CPM

Cost per mile

biaya iklanjumlah impresix1000

CPL

Cost per leads

biaya iklanjumlah konversi 

ROI

Return of investment

(biaya pendapatan - total biaya)

Total biaya

Berikut adalah penjelasannya.

1. CTR (Click through rate) = Rasio Klik Tayang

Click through rate adalah rumus yang digunakan untuk mencari berapa persentase iklan yang diklik dari jumlah pemirsa yang melihat iklan. CTR ini bisa digunakan sebagai cara untuk mengukur seberapa bagus performa iklan Anda.

Rumus Rasio CTR (Click through rate) | Jagoweb

Contohnya : iklan Anda dilihat oleh 1000 orang dengan jumlah klik 20 maka persentase CTR adalah 2%.

Semakin bagus presentase CTR maka menandakan semakin bagus iklan dan kata kunci yang digunakannya dalam artian kata kunci tersebut banyak dicari.

Rekomendasi : Domain Internasional

2. CR (Conversion rate) = rasio konversi

Konversi merupakan tahapan yang lebih mengerucut dibandingkan jumlah klik. Penghitungan nilai konversi dapat digunakan untuk menilai seberapa besar pengaruh iklan kepada jumlah penjualan. Jika konversi besar maka iklan bisa dipertimbangkan lagi untuk proses penjualan.

Rumus Rasio Konvensi CR (Conversion rate) | Jagoweb

Contoh : ani dapat menjual 5 sepatu setelah memasang iklan di tiktok. Setelah dicek ternyata iklan tersebut di klik oleh 250 orang. Jika dihitung nilai konversinya adalah 2% yang didapat dari (5/250) x 100. Ternyata nilai ini masih cukup kecil untuk kegiatan periklanan.

3. CPC (Cost per click)

Cost per klik atau biaya persatu klik iklan. Dengan mengetahui biaya perklik ini kita bisa menjumlahkan berapa yang dibutuhkan untuk beriklan. Dengan biaya perklik maka seseorang akan ditagih iklan berdasarkan biaya jumlah klik bukan dari tayangan.

Rumus CPC | Jagoweb

Contoh dari penghitungan CPC ini adalah : Anda ingin mengiklankan baju daerah yang Anda produksi. Maka untuk beriklan Anda perlu mempertimbangkan jumlah klik yang ingin didapatkan, nominal belanja juga harga perkliknya. Iklan dengan budget 50.000 dan Anda akan mendapatkan 25 klik maka biaya perkliknya adalah 2ribu.

Dengan CPC 2ribu/klik dan ingin mendapatkan 500 klik maka perkiraan budget yang disiapkan adalah 2000*500 = 1.000.000,-

Baca juga : Bagaimana Menentukan Budget Instagram Ads?

4. CPM (Cost per mile)

CPM sedikit berhubungan dengan CPC. Jika CPC adalah biaya perklik maka CPM adalah biaya tampilan iklan tersebut. Ada dua jenis iklan dimana pengiklan membutuhkan target klik dan tayangan. Jika menginginkan jumlah tayangan maka biaya iklan bisa diukur dengan CPM ini.

Pemberi iklan biasanya memberikan biaya sekian untuk jumlah tayangan sekian (misal Rp 10.000 untuk 1000 views).

Rumus CPM | Jagoweb

Contoh : ina ingin beriklan dengan di koran lokal dengan budget Rp 100.000 dengan hasil 10.000 tayangan maka harga perseribu tayangan adalah Rp 10.000/seribu tayangan.

Itulah beberapa rumus digital marketing yang selalu digunakan dan dibutuhkan ketika kita belajar maupun menjalankan digital marketing. Anda bisa mempelajari rumus tersebut untuk menilai dan juga mengukur efektifitas iklan Anda.

Update Produk : Domain .com gratis

 

Kesimpulan

Menggunakan formula digital marketing untuk mengukur dan juga menilai efektivitas iklan merupakan hal yang penting untuk digital marketer. Iklan menjadi lebih terarah dan juga lebih maksimal.

Untuk beriklan juga bisa iklan di website sendiri. Menggunakan hosting dan domain murah dari Jagoweb. Bisa juga menggunakan jasa website instan dari Jagoweb. Langganan hosting, register domain murah dan buat website pribadi Anda!

Sekian informasi hari ini tentang rumus digital marketing, semoga bermanfaat!