Tutorial Install Wordpress Menggunakan Softaculous di cPanel - Wordpress merupakan CMS website paling populer di dunia, penggunaannya yang sangat mudah, dilengkapi theme yang sangat lengkap dan plugin-plugin yang powerfull membuat CMS wordpress disenangi para pembuat website, baca : Alasan Website Menggunakan Platform WordPress. Untuk melakukan installasi wordpress ada dua teknik yaitu offline dan online, disini kita akan membahas installasi wordpress secara online menggunakan softaculous, tutorial ini berdasarkan fitur hosting di jagoweb yaitu softwaculous premium di hosting cpanel.

Berikut Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Dengan Softaculous

1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke Cpanel hosting anda, namadomain.com/cpanel. Masukkan username dan password Cpanel hosting atau anda dapat login melalui client area jagowebm , baca : Tutorial Login cPanel Melalui Client Area

logincpanel

2. Setelah berada di dalam halaman utama Cpanel, kita bisa scroll ke bagian bawah untuk mencari link Softaculous. Lalu klik "link Softaculous" tersebut dan kita akan diarahkan ke halaman berikutnya. Beberapa tampilan akan berbeda tampilannya, namun intinya adalah klik Softwaculous (lihat seperti icon dibawah)

menusoftwaculous

3. Setelah kita berada di dalam halaman Softaculous, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress nya. Anda akan melihat logo WordPress dihalaman instalasi, lalu arahkan kursor mouse ke logo tersebut dan klik "Install".

menu wordpress

4. Setelah itu kita akan masuk kehalaman berikutnya, dimana kita bisa masukkan beberapa data untuk domain yang akan diinstall script WordPress. Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama domain, nama blog, deskripsi, admin user name, dan admin password, untuk kolom lainnya biarkan saja default.

Oh ya, jangan lupa untuk menyimpan data penting WP admin seperti username dan password untuk login. Periksa kembali data yang kita masukkan, bila sudah yakin klik "Install". Tunggu proses installasinya, biasanya hanya beberapa detik saja.

Wajib Di Baca !!

1. Perhatikan pada bagian “In Directory”, bila Anda ingin menginstal WordPress pada root domain maka bagian In Directory dikosongkan saja jadinya wordpress di domain.com"

2. Bila Anda ingin menginstal WordPress pada directory baru (misalnya Blog atau WP), maka bagian tersebut tinggal diberi nama “Blog” atau “WP” jadinya akan domain.com/wp/ atau domain.com/blog/. Pada kolom Database Name bisa dibuat sesuai dengan nama domain Anda (misalnya Maxmanroe_com) atau bisa dibiarkan default saja.

3. Saya pribadi lebih memilih untuk mengosongkan bagian “In Directory” agar WordPress terinstal di root domain sehingga hasilnya adalah domainanda.com. Sedangkan pada kolom “Database Name” dan “Table Prefix” biasanya saya biarkan default saja.

4. Pada kolom “Site Name” kita bisa menambahkan nama blog/ website, dan memasukkan deskripsi singkat blog pada kolom “Description”. Untuk blog pribadi atau blog bisnis, jangan mencentang bagian “Enable Multisite (WPMU)”.

5. Pada bagian “Admin username” masukkan username yang Anda inginkan, pastikan Anda tidak menggunakan username admin karena rentan terhadap serangan hacker. Gunakan username yang tidak umum, misalnya useromeo. Pada kolom “Admin Password”, masukkan password yang Anda inginkan untuk masuk ke WP admin, gunakan password yang kuat. Sedangkan pada kolom “Admin Email”, masukkan email utama Anda untuk mengelola blog yang akan dibuat. Lalu klik “Instal”

settingan wordpress

5. Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah mengecek WP admin kita. Coba masuk ke WP admin dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin di browser, lalu masukkan user name dan password yang sudah dibuat tadi untuk login. Sampai di sini proses instalasi WordPres di Cpanel Hosting di jagoweb.com sudah selesai.

 Sebaiknya Anda Baca :

Tutorial Lengkap Membuat Web Blog Pribadi

Tutorial Lengkap Membuat Website Berita

Tutorial Lengkap Membuat Website Profile Perusahaan

Tutorial Lengkap Membuat Website Toko Online Sendiri