Remote MySQL adalah fitur yang berfungsi untuk mengakses database dari server lain atau komputer sendiri.   manfaat remote mysql adalah mengoptimalkan database yang telah ada. Sebuah database bisa digunakan oleh beberapa web site sekaligus yang berbeda server sekalipun.
Biasanya fitur remote sql tersedia pada paket web hosting yang menggunakan server sendiri. Untuk shared web hosting, fitur remote MySQL tidak tersedia karena faktor keamanan dan penggunaan sumber daya web hosting yang boros. namun di jagowebhosting anda dapat menggunakan fitur remote sql, Jagowebhsoting salah satu provider hosting indonesia yang menyediakan fitur remote sql kepada semua kliennya untuk kebutuhan pembuatan aplikasi perusahaan menengah hingga besar.
Berikut Tutorial Langkah-langkah mengaktifkan remote mysql di cPanel Hosting adalah sebagai berikut:
1. Pada bagian database cpanel, klik menu Remote MySQL
remotesql1
 
2.    Masukkan domain acces host pada form yang telah tersedia. Lalu klik tambol Add Host. Domain access host adalah domain yang diperbolehkan mengakses database secara remote. Apabila database diperbolehkan diakses secara remote oleh semua server cukup tambahkan kode % pada form yang tersedia.
remotesql2
3.       Apabila mengakses database dalam satu server menggunakan nama host ‘localhost’, maka untuk mengakses database dalam script program secara remote gunakan parameter nama host dengan ‘namadomain:3306’. Penambahan angka 3306 adalah nomor port yang digunakan oleh mysql.
Untuk parameter nama database dan user, gunakan dama database dan user yang telah dibuat seperti biasa.
 Apabila ingin mengakses database secara remote melalui komputer pribadi dapat digunakan perangkat lunak heidiSQL. Perangkat lunak ini dapat didownload di http://heidisql.com/download.php
Selain tutorial remote sql Mungkin anda butuh informasi untuk upload database anda di MySql Hosting : Cara Upload Database MySql ke Php Myadmin cPanel Hosting