Anchor Text

Anchor text adalah teks yang bisa diklik dan mengarah ke link halaman lainya. Umumnya teks ini berwarna biru dan ditandai dengan garis bawah atau underline teks tersebut. Penggunaan anchor text ini bisa ditandai dengan mudah dengan bentuk teks yang berbeda dari teks lainya.

 Misalnya seperti ini :  


“Cek informasi lebih lengkap tentang teknologi dan digital marketing di blog Jagoweb sekarang.”


Sudahkah kamu tahu mana yang dimaksud dengan Anchor Text pada teks di atas? Anchor Text dalam teks tersebut adalah blog Jagoweb dengan link mengarah pada https://www.jagoweb.com/blog.

Nah jadi sudah jelas ya yang dimaksud dengan Anchor Text.

Jangan lupa ya untuk membuat Anchor Text ini, kamu perlu menggunakan teks yang relevan untuk menggambarkan link tersebut. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk mengetahui link tersebut pun untuk memudahkan google untuk membaca  link tersebut.

Baca : Apa Pengaruh Web Hosting Terhadap SEO Website?

 

Apa Pengaruh Anchor Text Untuk SEO Website?

Walaupun Anchor Text terkesan sepele atau menjadi komponen yang kurang penting dalam sebuah optimasi website. Nyatanya Anchor Text ini memberikan pengaruh terhadap performa SEO website kamu lho.

1. Dari Sisi Mesin Pencari

Dari sisi mesin pencari, Anchor Text ini digunakan untuk mengetahui link internal yang kamu tanamkan disana. Untuk kemudian bisa membantu link tersebut untuk di index oleh mesin telusur tersebut.

Mesin telusur juga lebih mudah menilai topik halaman yang kamu tautkan dari Anchor Text ini.

Sayangnya kamu harus perlu berhati-hati dalam penggunaan Anchor Text ini di konten. Jangan membuat Anchor Text sama dengan keyword yang kamu gunakan dalam konten kamu.

Hal ini dilakukan karena akan membuat mesin telusur tidak dapat menentukan konten mana yang relevan untuk topik tersebut. Sehingga hal ini malah akan membuat konten bersaing di mesin telusur.

Namun kamu bisa mengakali hal ini dengan penggunaan LSI Keyword atau teks semantic yang agar tidak terjadi spam keyword termasuk yang digunakan di Anchor Text.  

2. Dari Sisi Pembaca

Selanjutnya dari sisi pembaca, Anchor Text digunakan untuk memudahkan pembaca mengetahui topik halaman yang ditautkan.

Jika menuliskan pengertian SEO maka pembaca akan mengetahui dengan baik isi konten tersebut adalah tentang definisi SEO atau juga tentang informasi seputar seo.

Kurang lebih mirip dengan logika mesin telusur karena memang mesin telusur dibuat menyerupai perilaku manusia. Tentu saja hal ini akan memudahkan pembaca mengenal konten kita.

Jadi kurang lebih itulah fungsi Anchor Text dan pengaruh anchor text untuk SEO website kamu. Untuk itu gunakan teks yang relevan atau sesuai dengan link yang kamu tautkan dan hindari menggunakan keyword yang sama dengan teks.

Baca : Trends SEO 2022, Apa Saja yang Perlu Dioptimalkan?

 

Jenis-jenis Anchor Text

Ada beberapa jenis Anchor Text, hal ini dibedakan berdasarkan wujud atau bentuknya. Untuk kamu seorang pengelola web atau penulis konten perlu mengetahui jenis-jenis Anchor Text ini untuk mendukung link yang kamu tautkan di konten tersebut.

1. Branded

Anchor Text yang kita sisipkan menggunakan teks nama brand kita, atau langsung menyebut brand sesuai dengan domain kita.

Saya bisa mempelajari ilmu tentang seo, digital marketing dan website maupun hosting di Jagoweb .

 

Anchor text : Jagoweb

Keyword link tautan : https://www.jagoweb.com/

2. Exact Match

Anchor Text yang kita sisipkan menggunakan teks sesuai keyword tautan tersebut. Keyword yang ingin kita rangking. Intinya sama ya keyword tautan dan Anchor text yang digunakan.

Belajar cara memposting artikel website dengan mudah dari Jagoweb.

 

Anchor text : memposting artikel website

link tautan : memposting artikel website https://www.jagoweb.com/memposting-artikel-website

3. Partial Match

Anchor Text yang kita sisipkan menggunakan kata yang mengandung keyword tautan, namun dimodifikasi dengan teks lainya.

Informasi selengkapnya tentang optimasi SEO on page untuk pemula bisa kamu pelajari disini.

 

Anchor text : optimasi SEO on page

link tautan : SEO Optimasi Website/Onpage SEO https://www.jagoweb.com/seo-optimasi-websiteonpage-seo

4. Naked URL

Anchor Text yang langsung menampilkan link secara lengkap di konten tersebut.

Jika ingin menghubungi CS Jagoweb bisa langsung ke kontak Jagoweb (https://www.jagoweb.com/kontak)

5. Random

Anchor Text yang menggunakan teks yang tidak sesuai dengan keyword tautan, hanya saja menggunakan kalimat atau kata yang acak.

Ingin daftar hosting dan domain langsung saja daftar disini

 

Anchor text : daftar disini

link tautan : link yang sesuai dengan yang kamu gunakan

Itulah beberapa jenis Anchor Text beserta contohnya. Penggunaan Anchor Text ini bisa diterapkan di website Anda.

 

Tips Untuk Membuat Anchor Text

Nah selanjutnya ketika kita mempraktikkan cara membuat Anchor Text, gimana sih sebaiknya? Simak tips membuat Anchor Text berikut ini.

1. Relevan

Salah satu hal yang paling penting untuk membuat Anchor Text adalah dengan menggunakan kata yang relevan dengan halaman link yang ditautkan. Relevan dengan topik dan relevan dengan keyword yang digunakan dari tautam tersebut.

Jangan sampai melenceng jauh, sebab kita tau mesin pencari akan menilai konten kamu juga dari kualitas Anchor Text dan backlinknya. Jika relevan tentu saja membuat penilaian dari mesin telusur menjadi lebih bagus. Hasilnya kualitas konten dinilai tinggi.

2. Padat

Seperti yang kita ketahui, umumnya kata yang digunakan untuk Anchor Text mulai dari 1 kata sampai dengan 1 judul saja. Paling umum 2 sampai 3 kata. Buat Anchor Text padat dan jelas untuk memudahkan pembaca.

Untuk penulispun, perlu menyesuaikan Anchor Text dengan kalimat tersebut.  

3. Natural

Anchor Text yang natural akan memberikan kenyamanan membaca karena terlihat sangat nyambung sehingga tidak akan memengaruhi konsentrasi atau membingungkan. Tentu saja Anchor Text natural ini lebih disukai.

4. Jangan Menggunakan Kata Kunci

Lanjut, jangan menggunakan kata kunci pada Anchor Text sebab membuat mesin telusur bingung dengan konten mana yang perlu di index.

5. Jangan Menggunakan Link dari Halaman Berbahaya

Penggunaan link pada Anchor Text sangat perlu dihindari menggunakan link dari halaman yang berbahaya. Website yang buruk atau website yang tidak aman. Kenapa hal ini dihindari? Karena hanya akan menurunkan kualitas dan score konten kamu saja.

Itulah beberapa tips membuat Anchor Text dari Jagoweb untuk memudahkan kamu dalam membuat Anchor Text di halaman website maupun konten.

Baca : 6 Cara Mengoptimalkan SEO Off Page

 

Kesimpulan Anchor Text

Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa Anchor Text ini memiliki peran terhadap SEO website kita. Anchor Text digunakan untuk pembaca maupun mesin pencari. Dalam penulisannya pun Anchor Text juga perlu diperhatikan dengan baik agar bisa bekerja sesuai yang kita harapkan.

Baik itulah penjelasan dari Jagoweb untuk kamu, untuk informasi lainya tentang web hosting murah, domain, website, digital marketing dan SEO bisa cek di blog Jagoweb. Semoga bermanfaat!