Blogger, Jangan Lakukan ini di Websitemu! - Kamu suka menulis blog diwebsite pribadimu? Apa trafficnya tetap segitu aja? Kok tidak meningkat sama sekali ya. Hal ini bisa disebakan karena konten yang kamu tulis kurang mengenai target atau masih banyak hal yang harus kamu kembangkan. Traffic website yang rendah bisa disebabkan kesalahan dari pemiliki website. Beberapa kesalahan yang sering dilakuakn bloger adalah

  • Tidak Mengetahui Targetnya Untuk Siapa

Sama seperti berbisnis, ngeblog pun harus mengetahui konten yang kamu buat untuk siapa. Mudahnya kamu harus mengetahui target pembaca kamu. Apakah perempuan atau laki-laki, usia remaja atau dewasa, hal ini harus diperhatikan lho. Dengan mengetahui target pembaca, kamu menjadi mengerti harus membuat konten seperti apa untuk menarik mereka. Apa yang lagi hits dan apa yang mereka sukai kamudian setelah membuat konten kamu bisa melihat apakah kontenmu pas dengan target yang kamu sasar.

  • Menulis Konten Yang Tidak Ada Manfaatnya

Menulis konten di bloger memang bebas-bebas saja, boleh menulis diary menulis cerita apapun, namun jika kamu menuliskan tips, tutorial, resep dan lain sebagainya pasti ada orang yang membutuhkannya. Nah dari sini orang akan membuat website pribadi kamu. Misalnya review make up, ini bisa menjadi sangat pribadi karena kamu ingin memberikan komentarmu untuk make up namun ternyata di luar sana banyak orang yang mencari informasi tentang make tersebut sehingga review ini berguna dan bisa berguna untuk banyak orang, berbeda dengan kamu menuliskan ceritamu yang tidak memiliki inti atau tujuan pastinya tidak ada orang yang tertarik. Jika kamu benar-benar ingin membuat konten di website usahakan yang berguna dan menarik perhatian atau hal-hal yang dibutuhakn banyak orang. Baca Juga Artikel Tentang : Tips Membuat Konten yang Menarik Berkualitas

  • Konten Tidak Ada Kata Kunci

Kata kunci adalah hal dasar yang digunakan agar orang lain menemukan konten atau website mu di internet. Kata kunci ini wajib ada sehingga membuka kemungkinan websitemu akan dikunjungi. Jika kamu tidak menuliskan kata kunci bagaimana kontenmu akan muncul. Kata kunci bisa disebutkan di judul maupun di badan konten.

  • Tidak Konsisten

https://www.instagram.com/p/CLBCtOrr5qO/Menulis blog pastinya harus konsisten semua itu memerlukan proses, akan sangat mustahil jika kamu belum dikenal dan blogmu langsung ramai. Media seperti website memerlukan kunjungan dari pembaca agar trafficnya naik nah pembaca pastinya menginginkan konten yang berguna untuknya konten, jika konten tidak di update maka bagaimana nasib website pasti sangat sepi dan kuno ya! Pengunjungpun tidak ada. Oleh karena itu, buatlah konten secara teratur agar kamu memiliki pembaca.

  • Tidak Memiliki Headline Yang Menarik

Headline adalah judul utama dalam sebuah artikel atau konten, headline ini sangat penting agar orang tertarik membacanya. Headline yang menarik adalah headline yang membuat orang tertarik ingin membacanya atau headline yang membuat pembaca merasa itu adalah konten yang pas untuknya. Di dalam headline juga memerlukan kata kunci atau keyword agar mudah ditemukan dan pembaca mengetahui apa yang dibahas di tulisan tersebut. Tanpa headline yang menarik akan cukup susah untuk membuat orang merasa penasaran dengan konten kamu. Jadi pelajari teknik copywriting dan buat konten yang bisa menggaet pembaca.

Baca Artikel : Rekomendasi Topik Menarik untuk Website Pribadi 

  • Tidak Ada Foto Yang Menarik

Foto juga sangat memengaruhi konten kamu lho! Orang akan lebih senang melihat tulisan dengan foto yang bagus dan mendung daripada tulisan tanpa foto sama sekali. Saat kamu menulis, sertakan foto pendukung yang bagus. Lihat food blogger atau beauty blogger, mereka pastinya menyisipkan foto di artikel yang mereka tulis, karena apa agar pembaca tertarik. Kualitas foto dan pengambilan foto juga harus diperhatikan ya! Kualitas foto yang buruk akan membuat kontenmu tidak profesional apalagi foto yang diambil dari sumber tanpa mencantumkan nama wah.. hal ini sangat dilarang untuk blogger atau membuat konten apapun.

  • Tidak Melakukan Promosi

Website juga memerlukan promosi dari pemiliknya agar bisa meningkatkan kunjungan. Tulisan yang sudah dibuat dengan bagus harus ditunjukan apalagi konten yang berguna seperti tips atau resep masakan. Melakukan promosi dengan membagikan tulisanmu di sosial media akan membantumu menarikan jumlah kunjungan website. Jangan lupa bagikan di facebook, instagram atau twitter ya!

  • Design Website Yang Buruk

Walaupun menggunakan website gratis kamu bisa membuat tampilan website mu terlihat profesional dengan bantuan warna maupun menata tampilan. Banyak bloger yang menggunakan tema mencolok dan susah untuk dibaca orang lain, terlalu ramai atau berantakan. Design tema yang bagus akan memberikan kesan profesional dan menunjukan selera kamu dalam warna lho! Tampilan blog bisa loh di atur, mulai dari penggunaan warna background, warna fonts, penggunaan logo dan lain sebagainya. Jangan gunakan warna yang senada antara background dan warna teks nanti hal ii akan menyusahkan pembaca. Buat websitemu menarik dan rapi dengan warna-warna pastel atau monokrom. Jika design sudah bagus maka pembacapun nyaman dan ada kemungkinan untuk melihat blog kamu lagi.

Simpulan

Menjadi blogger memang tidak bisa dilakukan sekejab mata, harus benar-bernar telaten dan sabar agar website bisa berkembang dengan baik. Terus belajar dan membenahi banyak hal agar website bisa berkembang menuju lebih baik. Salah satu layanan pembelian domain murah dan penyewaan hosting ada di Jago Web yang bisa kamu kunjungi di www.jagoweb.com, yuk cobain! Biar websitemu terus berkembang.