Jangan Salah Dulu, Hacker Tidak Selalu Buruk Loh -  Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Hacker? Apakah memiliki konotasi buruk?? jangan salah dulu, tidak semua hacker memiliki perilaku buruk dan menyebabkan kejahatan di internet. Hacker juga memiliki pekerjaan yang beranfaat juga loh. Banyak orang yang salah mengartikan hacker dengan cracker, mana yang baik mana yang buruk? Masalah kejahatan di internet semakin marak terjadi, pembobolan, penipuan, pencurian dan lain sebagainya. Informasi soal kejahatan di internet bisa kamu pelajari di artikel Jagoweb.com/blogArtikel "Yuk Aware Dengan Kejahatan Di Internet (Cybercrime) agar bisa aware dan mengetahui jenis-jenis kejahatan di internet. Kali ini kita akan membahas lebih dalam apa itu hacker dan apa bedanya hacker dengan cracker dalam dunia internet. Untuk kamu yang memiliki website, pengetahuan akan kejahatan berinternet sangat harus dipelajari untuk mencegah terjadinya pengrusakan website, menggunakan salah satu caranya adalah menggunakan jasa hosting terbaik yang memberikan keamanan data pada websitemu. Yuk kita bahas Apa Itu Hacker ?

Hacker

Jika diterjemahkan dalam bahasa inggris, hacker adalah peretas. Namun definisi hacker yang sebenarnya adalah orang yang memiliki kemampuan di bidang ilmu teknologi seperti komputer dan jaringannya untuk tujuan yang bermanfaat. Seperti pengembangan, mempelajari dan memperbaiki hal yang berhubungan dengan komputer dan jaringannya.  Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem bekerja dalam jaringan tersebut, pun dalam melakukan aksinya, hacker sadar betul dengan apa yang ia lakukan dan tidak meninggalkan dampak buruk atau kerugian kepada orang lain karena hacker memiliki etika dalam beraksi dan menggunakan ilmunya.  Mark Zurkerberg, sang pendiri Facebook juga pernah mengeluarkan opininya tentang hacker ini yang ia tulis akun facebooknya, ia mengatakan bahwa hacker adalah orang idealis yang ingin memberikan dampak positif pada dunia, hacker bekerja dengan berfokus pada detail dan bekerja pada perulangan kecil untuk menghasilkan produk yang lebih baik lagi.

Baca Artikel 4 Alasan Kenapa Website Berjalan Lambat 

Jadi sebenarnya hacker adalah seseorang yang memiliki ketertarikan dan kemampuan yang tinggi akan dunia komputer dan jaringannya, dan menggunakannya untuk kegiatan pembelajaran, pengembangan, memperbaiki sistem tersebut agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan memberi keuntungan atau manfaat kepada orang lain.  Dari sini kita tahu bahwa hacker tidak selalu memiliki tujuan negatif ya! Sebaliknya ia malah membangun untuk memberi hal yang positif.

Jenis-Jenis Hacker

Hacker tidak cuma terdiri dari satu golongan saja loh, karena berdasarkan realitanya, hacker di bedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan aktifitas yang ia lakukan sebagai hacker. Apa sajakah jenis-jenis hacker itu? Yuk kita bahas bersama

  • White Hat Hacker

Seorang hacker yang menggunakan ilmu IT nya untuk urusan yang bermanfaat, white hat hacker memiliki fokus pada mengurus keamanan jaringan dan memperkuat mekanisme tersebut sehingga mereka memiliki tujuan yang jelas dan juga melakukan aktifitas masuk ke jaringan orang lain namun secara legal dan memiliki tujuan yang baik. White Hat Hacker ini tidak menimbulkan kerugian untuk orang lain dan mengerti jika aktifitas membobol jaringan adalah hal yang salah dilakukan jika secara illegal sehingga mereka melakukan kegiatan hack nya dengan sudah berizin. Nama lain dari White Hat Hacker  adalah ethical hacker atau hacker etis. Karakter dari White Hat Hacker ini adalah mereka menggunakan kemampuan IT untuk pengembangan dan perbaikan untuk sistem yang lebih baik.

  • Black Hat Hacker

Setelah penjelasan soal White Hat Hacker, ada juga jenis hacker jenis Black Hat Hacker. Berdasarkan namanya seperti sudah ada perbedaan yang cukup mencolok antara white dan black hacker. Jika White Hat Hacker  menggunakan kemampuanya untuk melakukan hal yang positif maka Black Hat Hacker menggunakan kemampuanya untuk hal yang kurang etis.  Kegiatan yang dilakukan oleh Black Hat Hacker ini mayoritas masuk ke dalam tindak kejahatan dalam berinternet misalnya pencurian, pembobolan, pengrusakan dan jenis kriminal di internet lainya. Black Hat Hacker  ini tentunya melakukan aksi peretasan dan masuk ke dalam jaringan tanpa izin sehingga termasuk kegiatan yang illegal dan mengakibatkan kerugian pada pihak yang berkaitan dengannya.

Baca Artikel : Blogger, Jangan Lakukan ini di Websitemu! 

Black Hat Hacker  ini biasanya melakukan aksinya untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun kelompok berupa keuangan. Tindakan yang ilegal dan menguntungkannya adalah kegiatan pencurian data dan menjual data tersebut ke pasar gelap. Kita tidak akan pernah tau bagaimana data tersebut digunakan, karena data pribadi bisa disalah gunakan untuk aksi kejahatan seperti penipuan. Hacker jenis inilah yang banyak dikenal masyarakat sebagai hacker yang meresahkan.

  • Grey Hat Hacker

Sesuai dengan namanya, Grey Hat Hacker adalah jenis hacker yang memiliki aktifitas hack yang tidak merugikan orang lain namun menggunakan cara yang tidak selalu legal atau berizin. Jika ada garis yang jelas antara white hacker dan black hacker, namun untuk grey hacker memiliki garis yang samar karena berada di antara garis hitam dan putih. Grey hacker ini tidak akan meninggalkan kerugian untuk jaringan yang ia retas bahkan ia juga memberikan saran dan pengembangan atau perbaikan agar jaringan tersebut lebih kuat. Namun kegiatan ini tidak memiliki akses masuk dengan izin pemilik sehingga menjadikan kegiatannya ilegal namun bermanfaat.

Nah, jadi hacker itu dibedakan berdasarkan jenis kegiatannya. Jadi tidak bisa langsung dinilai jelek karena memiliki beberapa manfaat. Nah dalam istilah kejahatan dalam internet juga ada penamaan CRACKER, cracker ini hampir mirip dengan Black Hat Hacker yang menggunakan kemampuannya untuk merusak dan menyebabkan kerugian. Hacker dan cracker adalah dua istilah yang cukup banyak disebut untuk dunia peretasan internet, namun kamu juga harus bisa membedakan bahwa keduanya pintar dalam bidang IT namun memiliki tujuan yang berbeda.

Baca Artikel : Kenapa Web Server Bisa Down?

Penggunaan Hacker Untuk Pekerjaan

Kemampuan hacker yang cukup tinggi dalam masalah IT membuat mereka banyak digunakan jasanya untuk berbagai bidang pekerjaan yang tentunya juga bergelut di dunia IT. Hacker yang jasanya sudah digunakan untuk urusan pekerjaan ini tentunya sudah menjadi hacker yang profesional dan tidak lagi meretas jaringan secara sembarang maupun untuk keuntungan pribadi, namun lebih untuk profesionalitasan pekerjaan. Kemampuan hacker bisa digunakan untuk bidang berikut ini

1. Hacker Keamanan Atau Anti Hacker

Kemampuan hacker sangat dibutuhkan untuk melindungi jaringan dari peretasan cracker, umunya kemampuan hacker ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki jaringan yang kuat dan harus dilindungi dari bahaya internet. Nah untuk melawan hacker jahat yang ingin melakukan peretasan, kemampuan hacker dibutuhkan disini. Pemilik bisnis skala nasional maupun dunia tentunya menggunakan jasa hacker untuk melindungi semua jaringannya agar tetap aman.

2. Bela Negara

Setiap negara pasti memiliki aktifitas perlindungan, mata-mata dan yang lainya untuk melindungi jaringan negara dari serangan musuh ataupun hal yang mencurigakan. Kemampuan hacker sangat dibutuhkan untuk aktifitas ini yang tentunya sudah mendapatkan perintah atau izin khusus untuk menjalankan tugasnya.  Kemampuan untuk memberi  keamanan, perlindungan, spionase maupun penyelidikan adalah hal yang sudah dikuasai hacker dengan baik maka semua bidang yang membutuhkan hal tersebut bisa di handle oleh hacker.

Yuk gunakan hosting terbaik untuk melindungi data mu dari serangan cracker yang berbahaya karena hosting memberikan keamanan dan  perlindungan data yang baik. Salah satunya jasa hosting terbaik Jago Web layanan hosting terpercaya dan berkualitas.