Mengenal Server Dalam Hosting - Ketika kamu membaca artikel mengenal hosting pasti akan ada kaitannya dengan server. Artikel mengenai hosting dan penjelasan singkat server bisa kamu baca di ulasan JAGO WEB di artikel berikut ini Perbedaaan Hosting Berbayar Dengan Hosting Gratis. Setelah membaca artikel tersebut apakah kamu sudah paham tentang apa itu server? Secara singkat, server adalah sistem perangkat komputer yang membantu data website kamu untuk dimunculkan dalam browser pengguna internet. Sehingga ketika seseorang sedang browsing, agar website bisa muncul itu adalah tugas server. Ketika kamu menggunakan jasa hosting terbaik, pastinya akan menggunakan server untuk membantu menjalankan website agar lebih optimal. Apakah kamu sudah menggunakan jasa hosting untuk website kamu? Penjelasan secara lebih lengkap mengenai server, mulai dari apa itu server sampai jenis-jenis server akan kita bahas di artikel berikut ini.

Pengertian Server 

Server adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data website dan membantu data tersebut untuk mudah di akses oleh pengguna internet. Server memiliki bentuk fisik seperti komputer namun memiliki kemampuan yang cukup tinggi karena memiliki tugas yang cukup berat, yaitu menjaga website agar selalu online selama 24 jam dan menyimpan maupun menyampaikan informasi berupa data website kepada pengguna internet yang mengakses website tersebut.  Harus tetap menyala 24 jam pastinya sistem komputer server ini harus memiliki performa yang handal, karena jika server bermasalah akan memengaruhi kinerja website klien. Misalnya terjadi down atau error. Spesifikasi dan kemampuan komputer server ini pastinya berbeda dengan komputer biasa, komputer server didukung dengan RAM berkapasitas besar dan processor yang tinggi sehingga server bisa berjalan maksimal untuk melayani permintaan klien. Komputer server juga biasa disebut dengan super komputer yang memiliki harga dan kemampuan tinggi, untuk itu server disewakan dan digunakan untuk melayani banyak klien sekaligus.

Apa Sih Bedanya Dengan Komputer Biasa

Dengan fungsinya yang juga berbeda dengan komputer pada umumnya, komputer server memiliki beberapa perbedaan dengan komputer umum. Dari segi fungsi komputer server dan komputer biasa memiliki perbedaan fungsi, hal ini membuat komputer biasa digunakan untuk mengurus pekerjaan yang tingkat kesulitan dan ukuranya rata-rata seperti pengolah kata, pengolah angka maupun untuk hiburan, berbeda dengan komputer server yang harus bekerja untuk mengatur jaringan dan harus ON 24 jam. Dari perbedaan fungsi ini juga membawa perbedaan kekuatan perangkat kerasnya.

Dari segi harga pastinya komputer server dan komputer biasa memiliki perbedaan harga yang mencolok, kebutuhan dengan kekuatan rata-rata membuat komputer biasa memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan komputer server.  Sistem operasi, apakah kamu sudah paham mengenai sistem operasi ini? Sistem operasi adalah sistem yang membantu komputer menjalankan tugasnya. Pada umumnya sitem operasi yang banyak digunakan untuk komputer biasa adalah website dan Mac OS namun untuk komputer server, kamu menggunakan sistem komputer yang berbeda, misalnya sistem operasi LINUX dan Ubuntu.

Baca Artikel : Langkah Awal Setelah Membeli Domain Dan Hosting

Maintenance dan penempatan komputer server juga harus diperhatikan, komputer server harus diletakkan di tempat dengan suhu rendah agar tidak overheating. Pun jika aliran listrik utama putus karena pemadaman atau lain sebagainya, komputer server tetap harus menyala. Sehingga membutuhkan sumber listrik cadangan untuk menghindari listrik mati dan membuat komputer server down juga.

Jenis-jenis Server

Server dibedakan menjadi beberapa jenis, setiap server ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis server berdasarkan fungsinya.

  1. File server, Seperti namanya, file server adalah server yang memiliki fungsi untuk menyimpan semua data, baik teks, gambar maupun video sehingga disini server berfungsi sebagai pusat penyimpanan data. Data yang ada dalam server ini bisa diakses oleh semua perangkat yang terhubung dalam jaringan.
  2. Aplication Server, adalah server yang berfungsi untuk menyimpan, memasang sampai menjalankan aplikasi.
  3. Proxy server, server ini adalah server yang memiliki tugas untuk menyaring permintaan website. jika kamu sedang browsing di internet dan ingin membuka satu website, proxy inilah yang akan menyaring kamu terlebih dahulu.
  4. Mail server, server yang dipasang software untuk menerima, mengirim atau mengelola akun email sehingga layanan yang diberikan untuk klien adalah layanan pengelolaan email.
  5. Print server, ini adalalah layanan untuk memudahkan kamu mencetak dokumen menggunakan banyak perangkat yang terhubung. Menggunakan print server ini kamu bisa mencetak dokumen tanpa harus melakukan pemindahan atau copy paste dokumen terlebih dahulu, karena file bisa diakses dan dicetak menggunakan banyak perangkat.
  6. FTP server, server ini memiliki tugas untuk mengatur jalannya transfer file. Software yang digunakan untuk server ini adalah file transfer protocol, adanya server ini, proses transaksi file baik pengiriman maupun penerima file prosesnya lebih aman.
  7. Web server, nah inilah server yang digunakan untuk mengatur dan menyimpan data website. Data yang disimpan umumnya berbentuk teks, gambar, video, plugin, GIF, HTML, Javascript untuk kemudian data ini dikirimkan kepada pengguna internet yang sedang mengakses website tersebut. Server inilah yang digunakan oleh jasa hosting terbaik dalam layanan hostingnya.

Kenapa Server itu Diperlukan?

Selain memiliki fungsi sesuai dengan jenisnya, pemahaman server juga tentang manfaat lain yang diberikan untuk penggunanya. Beberapa manfaat dari server adalah

  • Memberi Perlindungan Kepada Website

Manfaat server yang pertama adalah dari web server untuk pengelola website, dengan menggunakan server, website klien memiliki perlindungan, karena server memiliki fitur keamanan yang bisa melindungi website dari serangan hacker mauput malware. Web server juga bisa melindungi website dari pengguna yang mencurigakan, karena server jenis ini bisa melakukan pendekteksian terhadap alamat IP yang berbahaya. Sehingga untuk kamu pemilik website terutama untuk keperluan bisnis harus dipastikan menggunakan server yang bisa memberikan perlindungan untuk website. Pastikan memilih satu hosting terbaik yang didukung oleh server berkualitas, salah satunya layanan hosting JAGO WEB yang memberikan hosting terbaik dan terpercaya.

  • Data Terjamin

Menggunakan server untuk berbagai keperluan, memberikan manfaat untuk menjaga data kamu, misalnya jika data hilang maka dengan server data hilang tersebut bisa di pulihkan atau di backup dengan mudah. Perlindungan data menggunakan server adalah bentuk menjaga keamanan misalnya data hilang karena pencurian oleh hacker ataupun data rusak.

Baca Artikel : Manasih Hosting Yang Cocok Untukmu? Vps Atau Shared Hosting?

  • Kemudahan Akses Informasi

Menggunakan server, proses penyebaran informasi baik di internet ataupun untuk perangkat menjadi lebih mudah. Penyebaran informasi ini memberikan keuntungan karena akses terhadap data lebih mudah dan cepat. Tentunya penyebaran informasi yang cepat ini adalah hal yang penting di masa yang serba canggih ini.

Gimana, Sudah paham kan kenapa server itu penting untuk penyebaran informasi dan tranfer data, di zaman yang serba canggih ini kesulitan akan akses informasi adalah sebuah ketertinggalan. Sehingga kecepatan dan kemudahan akan akses data adalah hal yang utama dan penting, dengan begitu semua orang bisa mengkakses informasi dengan mudah dan cepat.