Virtualiasi VPS

Seperti yang kita singgung di atas, untuk seseorang yang sudah lama berkecimpung di dunia IT mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan VPS dan KVM di dalamnya. Sebab banyak penyedia VPS yang memilih KVM sebagai mesin virtualisasi VPS nya.

Virtualisasi sendiri memiliki maksud membuat sebuah objek bisa dibuat dalam versi virtual atau maya. Misalnya membuat perangkat hardware yang ada bentuk fisiknya bisa dibuat atau di operasikan dalam versi virtual.

Nah jika dalam penggunaan VPS sendiri, virtualisasi adalah cara yang digunakan untuk membagi satu server fisik menjadi beberapa virtual server. Sehingga pengguna VPS bisa mendapatkan server virtualnya masing-masing dan memiliki kesempatan untuk mengelola servernya sendiri.

Tentunya jika pembagian sudah terbagi maka server virtual bisa digunakan secara privat dan juga kondisi performa server lainya tidak akan memengaruhi server yang Anda gunakan.

Baca Artikel : Provider VPS di Indonesia

 

Teknologi Virtualisasi VPS – KVM

Nah jika sudah paham bagaimana konsep pembagian virtual di VPS, maka kita lanjutkan ke penggunaan KVM sebagai teknologi yang membagi server fisik menjadi beberapa resources.

KVM merupakan kepanjangan dari Kernel Based Virtual Machine, dimana ini adalah teknologi yang digunakan penyedia VPS untuk membagi server fisik secara virtual menjadi beberapa resources.

KVM berjalan dalam kernel Linux dan hasil dari pembagian virtual dengan KVM ini menghasilkan produk VPS. Dimana hasilnya adalah pengguna memiliki resources pribadi, pengelolaan resources bisa diatur secara mandiri dan juga performa yang dihasilkan lebih maksimal.

Menghasilkan produk VPS yang bersifat privat, maka pengguna VPS tersebut juga bisa menggunakan VPS dengan OS windows maupun Linux. Semua pengelolaan termasuk pengoperasian OS bisa di modifikasi dengan bebas oleh pengguna.

Dengan pembagian yang menghasilkan kernel privat ini, ada beberapa kelebihan yang didapatkan dari penggunaan KMV VPS, diantaranya adalah penggunaan OS sesuai pilihan, mendapatkan performa maksimal, resources aman karena mendapatkan pembagian resources dedicated.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang kelebihan KVM VPS ini di pembahasan selanjutnya.

 

Kelebihan KVM

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan KVM untuk VPS. Anda bisa mempertimbangkan kelebihan KVM ini untuk memilih layanan VPS untuk website Anda.

1. Penggunaan OS yang Fleksibel

Berbeda dengan teknologi virtualisasi yang lainya seperti openVZ yang hanya bisa dioperasikan menggunakan OS Linux. Maka KVM ini memungkinkan pengguna VPS untuk mengoperasikan OS Linux maupun Windows.

Hal ini terjadi karena hasil pembagian dengan KVM ini menghasilkan satu lingkungan independent sehingga pengguna bisa leluasa dan memiliki ruang lingkup tersendiri untuk mengatur VPSnya.

Karena kelebihan inilah  yang membuat KVM menjadi pilihan.

2. Resources Dedicated

Penggunaan VPS KVM ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan resources dedicated, alias semua resources bisa digunakan secara mandiri dan untuk Anda sendiri.

Resources tidak akan tercampur atau terpengaruhi kondisinya dengan pengguna lain. Hal ini tentunya membuat VPS berjalan dengan stabil dan maksimal karena tidak akan terganggu. Jadi dari performa aman pun dari resources juga aman.

Resources yang maksimal ini membuat Anda bisa mengelola website dengan kebutuhan tinggi sekalipun.

Jadi untuk Anda yang memiliki banyak website atau website besar menggunakan VPS KVM akan lebih mudah dan lebih maksimal.

3. KVM Sudah Memiliki CPU dan RAM sendiri

Masih membahas tentang ruang lingkup privat dari VPS KVM, dimana ia sudah lengkap dengan RAM dan CPUnya. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri karena membuat pengelolaan website Anda menjadi lebih maksimal.

Pun kehadiran RAM dan CPU sendiri ini tidak akan membuat orang lain mengambil resources Anda, begitu sebaliknya.

4. Keamanan Kuat

Salah satu hal yang dikenal dari teknologi KVM adalah karena keamanannya. Hal ini karena KVM sudah menggunakan SELinux dan sVirt (Secure Virtualization) untuk menjaga keamanannya.

Keamanan dalam KVM berfungsi untuk memberikan Batasan untuk membaca, membuat dan menjalankan akses untuk pengguna tertentu. Juga memberikan keamanan dari kemungkinan penyusupan atas penggunaan sumber daya.  

Jadi keamanan ini memiliki tujuan utama untuk menghindari error dan juga keamanan dari ancaman sabotase.

5. Dukungan di Dalamnya

Fitur dari KVM sendiri juga menjadi kelebihan tersendiri, beberapa fitur yang cukup membantu kemudahan menggunakan KVM adalah

  1. Remote NVC yang memungkinkan mengontrol server secara jarak jauh
  2. Mendukung penggunaan virtual memory yang bisa digunakan sebagai RAM sementara
  3. Tidak ada Batasan node yang mengurangi kemungkinan untuk error konfigurasi server

Dengan kelengkapan fitur seperti di atas, pengguna bisa merasakan kemudahan dan kelebihan dari KVM untuk VPS.

Nah itulah beberapa kelebihan menggunakan KVM sebagai teknologi virtualisasi VPS. Kelebihan ini bisa menjadi satu hal yang menarik untuk KVM dibandingkan dengan menggunakan  teknologi virtualisasi yang lainya.

Baca : Provider VPS Terbaik Tahun 2022

 

Layanan VPS Murah Indonesia dari Jagoweb

Cari layanan VPS yang menggunakan teknologi KVM sebagai mesin virtualisasinya? Pilih VPS dari Jagoweb. Layanan VPS murah yang menyediakan berbagai pilihan paket VPS bulanan sampai tahunan dengan harga terjangkau.

vps murah indonesia

Gambar VPS Murah Indonesia

Layanan tentunya lengkap dengan garansi 30 hari membuat Anda lebih nyaman dengan VPS Jagoweb. Harga mulai 90ribuan, segera pilih paket yang Anda sukai untuk bantu memaksimalkan pengelolaan website Anda!

Nah itulah penjelasan tentang virtualisasi vps, teknologi KVM dan kelebihan KVM untuk Anda, semoga bermanfaat!

Baca : Cara Order VPS di Jagoweb