Salah satu alasan yang cukup umum adalah mengenai masalah harga. Ketika pemilik domain menemukan domain termurah tahun Ini di provider lain, maka ia bisa melakukan transfer domain ke provider tersebut sehingga tidak harus melakukan perpanjangan di provider domain sebelumnya.

Apa sih alasan lain yang menjadi pertimbangan kenapa perlu melakukan transfer domain? Kemudian apa saja syaratnya agar bisa melakukan transfer domain website dengan lancar? Mari simak ulasan di bawah ini.

Transfer Domain

Transfer domain adalah pemindahan domain dari provider domain satu ke provider lainya. Disini provider hanya sebagai perantara saja untuk mendaftarkan domain Anda ke ICANN (Internet Corporation for Assigned Names dan Numbers) sebagai badan yang mengurus masalah domain di dunia yang biasa disebut dengan registrar.

Salah satu contoh registrar adalah Jagoweb yang menyediakan layanan pembelian domain maupun transfer domain dari registrar yang lainya.

Nah, Salah satu kunci utama melakukan transfer domain adalah dengan memiliki Kode EPP yang harus Anda miliki, kode ini hanya bisa didapatkan dari provider domain sebelumnya.

Apa Alasan Melakukan Transfer Domain?

Berikut beberapa alasan yang digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan transfer domain.

1. Layanan Registrar Lama kurang Maksimal

Layanan provider menjadi salah satu alasan, umumnya provider menyediakan beberapa layanan pelengkap seperti Customer Service dan Tim Teknis yang membantu ketika dibutuhkan, namun jika ia mendapatkan pelayanan yang kurang maksimal, bisa melakukan pindah layanan ke provider lainya.

Hal ini juga tentang masalah fitur yang diberikan, ketika seseorang mendapatkan fitur lengkap di provider lain dengan harga yang tidak jauh berbeda dari provider saat ini, ia bisa melakukan transfer domain.

2. Harga

Mayoritas, harga adalah alasan kenapa mereka melakukan transfer domain. Ketika melakukan perpanjangan dengan harga yang cukup mahal setiap tahunya sedangkan di provider lain bisa mendapatkan harga yang lebih rendah, maka pemilik bisa melakukan transfer domain ke registrar yang baru.

Namun pastinya harga yang dibebankan kepada pemilik domain ini ada fasilitas juga yang diberikan. Atau beberapa registrar memberikan harga yang murah di awal dan biaya perpanjangan lebih mahal. Ketika ada provider yang memberikan pelayanan standar namun harga mahal, hal inilah yang menjadi pertimbangan melakukan transfer domain.

3. Ganti Kepemilikan

Pindah kepemilikan, biasanya kasus ini banyak terjadi ketika Anda ingin menggunakan domain orang lain, atau sebaliknya.

Misalnya ketika seseorang menginginkan sebuah nama domain tertentu, namun domain sudah digunakan orang lain. Nah orang tersebut bisa membeli nama domain itu, ketika domain sudah terbeli ia  bisa melakukan transfer domain untuk memindah semua data yang ada ke domain yang baru.

Apakah Transfer Domain Sama Dengan Membeli Domain Baru?

Hal yang perlu diperhatikan dari melakukan transfer domain adalah ia berbeda dengan membeli domain baru.

Waktu pengerjaan untuk membuat domain baru akan jauh lebih cepat daripada melakukan transfer domain. Jika dalam pembelian domain waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2-3 hari saja, sedangkan untuk melakukan transfer domain waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5 sampai dengan 7 hari tergantung dengan pengerjaan registrar dan status domain Anda.

Baca Artikel : Tips Buat Domain, Cara Beli, sampai Daftar Harga Domain Murah untuk Pemula

Kenapa proses transfer berjalan lebih lama? Karena pemindahan ini dilakukan dengan menjaga keamanan pengguna sehingga ancaman scam atau phising bisa dihindari.

Apa yang Harus Diperhatikan dari Registrar Sebelum Memutuskan Transfer Domain?

Sebelum memantabkan diri untuk melakukan transfer domain, Anda harus memilih satu provider atau registrar yang tepat. Pastikan memiliki kelebihan daripada registrar Anda yang sebelumnya sehingga ada alasan kuat yang mendukung transfer domain. Beberapa hal yang harus dilihat dari registrar yang baru adalah

1. Ketersediaan Domain

Sebelum berpindah ke registrar yang lain, pastikan registrar tersebut memiliki domain yang available dengan domain Anda sebelumnya.

Sebab terkadang tidak semua registrar memiliki domain yang Anda butuhkan, misalnya domain lokal seperti my.id.

2. Harga dan Fasilitas

Hal kedua yang patut Anda perhatikan dari registrar adalah harga yang dibebankan kepada Anda. Beberapa registrar memberikan harga dengan model yang berbeda, ada yang harga pembelian sama dengan harga perpanjangan, atau harga pembelian lebih murah daripada harga perpanjangan pertahun ataupun harga yang lebih mahal dibandingkan dengan provider lainya.

Harga ini jangan semata-mata dilihat dari nominalnya, namun juga harus dilihat dari fasilitas apa yang diberikan.

Jika provider memberikan harga yang lebih mahal namun dilengkapi dengan fasilitas keamanan, tidak heran harganya lebih mahal dari yang lain.

Namun jika fasilitas yang diberikan kurang lebih sama, namun harga lebih murah, ini bisa dipertimbangkan untuk dipilih. 

Salah satu provider yang memberikan harga domain termurah tahun Ini adalah Jagoweb. layanan hosting dan domain murah dengan fasilitas keamanan maksimal.

Jika kedua poin di atas sudah di penuhi dengan baik, maka Anda bisa menentukan registrar terbaik mana yang Anda pilih.

Berikut adalah daftar harga domain murah  di Jagoweb : 

Tabel 1 : Daftar Harga Domain Murah di Jagoweb

NO

DOMAIN

HARGA DAFTAR

PERPANJANGAN

1.

.com

119 rb

147  rb

2.

.ac.id

49 rb

49 rb

3.

.id

198 rb

198 rb

4.

.or.id

49 rb

49 rb

5.

.co

443 rb

443 rb

6.

.xyz

13 rb

165 rb

7.

.my.id

10.5 rb

11 rb

3. Non Aktifkan Whois

Whois adalah bentuk perlindungan domain kita, atau bisa juga disebut dengan ID Protection. Agar bisa melakukan transfer domain secara lancar, Whois protection ini harus di nonaktifkan terlebih dahulu.

Nah hal yang perlu diperhatikan adalah untuk menonaktifkan Whois, Anda bisa melakukannya di provider sebelumnya.

4. Unlocked Domain

Selanjutnya adalah memastikan status doman Anda dalam kondisi aktif, atau tidak dalam proses penghapusan atau dalam kondisi masa tenggang.

Setelah itu Anda juga harus memastikan domain dalam keadaan unlocked atau tidak terkunci, jika domain masih dalam keadaan terkunci, ini akan menghalangi proses transfer domain.

Unlocked domain bisa Anda lakukan dengan bantuan registrar yang sebelumnya.

5. Meminta Kode EPP

Nah ini adalah bagian yang cukup penting untuk dipersiapkan, yaitu kode EPP.

Kode EPP ini merupakan kode pengaman yang melindungi hak-hak pemilik domain dan salah satu kunci untuk membantu proses transfer domain berjalan lancar. Tanpa kode EPP ini, transfer domain tidak dapat dilakukan. Kode EPP bisa Anda dapatkan dalam provider domain sebelumnya, biasanya untuk meminta kode EPP ini mudah-susah, karena ada provider nakal yang sulit memberikan kode EPP kepada pelanggannya.

Untungnya di Jagoweb, kami memberikan layanan terbuka dan fleksibel, sehingga pemilik domain bisa mendapatkan kode EPP nya secara mudah dengan Cara Mengambil EPP CODE Domain di Jagoweb ini.

Apasih Syarat Melakukan Transfer Domain?

Setelah melengkapi persiapan berupa kode EPP, unlock domain dan menonaktifkan whois di layanan provider sebelumnya. Masih ada syarat yang harus di penuhi dari domain Anda untuk melakukan transfer secara lancar. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalahsyarat melakukan transfer domain

  1. Umur domain tidak boleh kurang dari 60 hari
  2. Status domain harus dalam kondisi aktif (tidak dalam masa penghapusan dalam siklus domain)
  3. Sisa masa aktif domain minimal 30 hari
  4. Email domain harus dalam kondisi aktif
  5. Domain bebas dari masalah hukum
  6. Transfer domain tidak bisa dilakukan jika kurang dari 60 hari sebelumnya sudah melakukan transfer domain.

Proses Transfer Domain

Proses transfer domain website bisa Anda lakukan dengan mudah dari registrar baru Anda. Secara garis besar proses transfer domain dilakukan dengan

  1. Menonaktifkan whois dan unlock domain
  2. Memasukkan nama domain yang akan ditransfer
  3. Memasukkan kode EPP
  4. Melakukan pembayaran
  5. Menunggu email konfirmasi dari registrar

Tunggu beberapa hari, biasanya memerlukan waktu maksimal 5 hari untuk mendapatkan konfirmasi melalui email. Dari email ini akan menentukan transfer berhasil atau gagal.

Di Jagoweb proses transfer domain bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Panduan transfer domain bisa Anda baca di artikel Tutorial Transfer Domain Dari Provider Lain di Jagoweb ini.

Dapatkan domain termurah tahun ini beserta fasilitas keamanan dan fitur lengkap lainya dari Jagoweb. Layanan hosting dan domain terbaik di Indonesia.