Email Gratis


[email protected]


Email gratis adalah email yang banyak kita jumpai bahkan sering kita gunakan untuk keperluan online. Email gratis yang paling banyak kita jumpai adalah @gmail.com dan juga @yahoo.com.

Penggunaan email gratis ini mudah ditandai dengan adanya alamat domain dari penyedia email tersebut. Sehingga jika kita menggunakan email jenis ini maka mau tidak mau harus mengikuti embel-embel domain yang ada.

Umumnya layanan email gratis ini memiliki kapasitas penggunaan yang terbatas dari penyimpanannya.

Ada beberapa contoh layanan yang memberikan layanan email gratis ini, bukan hanya gmail dan yahoo saja. Beberapa diantaranya adalah

  1. Outlook
  2. Mail.com
  3. Zoho
  4. Lycos
  5. iCloud mail

Contoh email ini bisa diakses secara gratis dan bebas, sehingga kamu bisa memanfaatkan email gratisan ini untuk keperluan penggunaan kegiatan online.


[email protected]


 

Email Berbayar

Selanjutnya adalah layanan email berbayar, yaitu email premium yang penggunaannya harus mengeluarkan biaya. Namun dibalik biaya yang harus dikeluarkan, juga ada kualitas yang memadai dari email ini.

Misalnya kamu bisa mendapatkan keamanan yang terbaik, kualitas dan juga kapasitas yang tentunya lebih fleksibel dibandingkan dengan email gratisan.

Baca Artikel Tentang : 

Email berbayar ini bisa didapatkan dengan penggunaan versi premium dari layanan email, atau juga bisa didapatkan dari layanan domain dan hosting sehingga kamu memiliki akses untuk membuat email yang profesional.

Hal yang membedakan antara email gratis dan berbayar selain dari pengeluaran budget adalah dari hasil emailnya. Jika email gratis kita harus mengikuti alamat baku dari penyedia layanan email maka di email berbayar kita bisa membuat alamat email sendiri atau custom sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Dari bentuknya saja sudah bisa dipahami mana domain gratis dan mana domain berbayar.

 

Email Bisnis Gratis Vs Email Bisnis Berbayar

Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara penggunaan email bisnis berbayar dengan email bisnis gratisan.

Dengan memahami plus minus masing-masing email ini membuat kamu bisa mempertimbangkan mana email yang pas digunakan untuk keperluan bisnis mu.

1. Keamanan

Salah satu hal yang membedakan antara email gratis dan berbayar adalah dari segi keamanannya. Tentunya dari sisi ini, kita semua sudah paham mana yang memberikan layanan keamanan lebih tinggi.

Keamanan dari kegiatan ber-email bisa dipahami dengan keamanan dari ancaman kehilangan data, keamanan dari penjurian atau scaming dan lain sebagainya.

Email berbayar dilengkapi dengan fitur filter email dan juga anti spam dan virus sehingga dengan proteksi dari fitur ini membuat email kamu tetap aman dari berbagai ancaman kejahatan yang ada.

Dari hal keamanan yang lainya, email gratis juga sangat mudah untuk ditiru atau plagiat. Hal ini akan sangat mungkin ada email yang mengatasnamakan brand kamu untuk hal-hal yang tidak baik.

Sedangkan dengan email berbayar, alamat email tidak akan mudah ditiru. Inilah yang disebut dengan keamanan email untuk nama baik brand.

2. Kapasitas

Selanjutnya adalah dari sisi kapasitas penyimpanan. Umumnya email gratis hanya memiliki ukuran penyimpanan yang terbatas, misalnya mereka memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 20GB untuk satu akun email.

Namun untuk email bisnis, agaknya ukuran akan terus berkembang dan membutuhkan banyak ruang, ukuran 20GB perlu ditingkatkan Kembali.

Namun untuk email berbayar, ukuran bisa lebih besar dan juga bisa dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna. Sehingga untuk kegiatan bisnis seperti marketing maupun untuk berhubungan dengan customer, bisa lebih aman.

Pun tidak perlu menghapus beberapa arsip email terhadahulu untuk mendapatkan banyak ruang.

Untuk email bisnis, ukuran penyimpanan ini adalah hal yang cukup penting sehingga harus diperhatikan dengan baik.

3. Profesionalitas

Selanjutnya dari sisi profesionalitas brand. Email gratis bisa ditandai dengan penggunaan alamat dari penyedia email tersebut, seperti gmail, yahoo dan lain sebagainya. Sebaliknya jika email berbayar bisa menggunakan alamat email custom tanpa ada embel-embel layanan email, bisa langsung dibuat sesuai dengan nama bisnisnya.

Walaupun terlihat sepele, hal ini memengaruhi kualitas brand tersebut lho. Alamat email yang berkualitas menandakan bisnis juga sudah cukup berkualitas dalam manajemen bisnisnya.

Alamat email bisa langsung memengaruhi kepercayaan penerima email bahwa ini adalah layanan yang sudah memiliki kualitas baik dan dipercaya. Sebab sekarang ini ada banyak sekali kasus penipuan yang meniru email resmi dari brand tertentu sehingga jika menggunakan email profesional dan terpercaya maka akan terhindar dari potensi tindak kejahatan seperti ini. Pun kepercayaan customer juga akan tetap terjaga.

4. Kelengkapan Fitur

Yang terkahir adalah kelengkapan fitur antara email bisnis gratis dan email bisnis berbayar. Email bisnis gratis tentu saja memiliki fitur yang terbatas. Sebaliknya email bisnis berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap.

Misalnya untuk pengiriman email di jam tertentu, pengiriman email di banyak orang (broadcast), pengiriman email dengan gambar maupun fitur lengkap lainya yang memudahkan pengguna.

Dengan beberapa pertimbangan di atas, kamu bisa memahami penggunaan email berbayar maupun email gratis untuk  keperluan bisnis kamu.

Kamu sudah bisa melihat apa kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Dari segi penggunaan, sebenarnya akun email gratis cocok digunakan untuk keperluan pribadi yang tidak perlu banyak fitur dan digunakan untuk kebutuhan tertentu saja. Apalagi email ini bisa digunakan dalam mode gratis.

Sedangkan email berbayar memang didesain untuk keperluan bisnis dimana email ini memiliki fitur yang lengkap, nama email yang  profesional dan juga ada pembayarannya.

 

Membuat Email Bisnis

Untuk membuat email bisnis gratisan pastinya kita semua sudah paham bagaimana pembuatannya, apalagi jika menggunakan layanan pembuatan email sepeti gmail yang sudah banyak digunakan. Tinggal daftar menggunakan alamat google yang kamu miliki.

Buat Email Gratis Dari GmailFigure 1. Buat Email Gratis Dari Gmail

Nah bagaimana dengan pembuatan email bisnis yang berbayar? Bagaimana caranya agar kita bisa membuat alamat email custom? Perlu daftar dimana?

Ada beberapa layanan pembuatan email bisnis berbayar yang bisa membantu kamu dapatkan email bisnis yang profesional. Beberapa diantaranya adalah

1. Google Workspace

Salah satu layanan yang memberikan kamu email bisnis yang profesional dan juga lengkap dengan sinkronasi layanan online lainya adalah google workspace. Ini adalah layanan google yang memang didesain untuk pelaku bisnis agar bisa mengakomondir kebutuhan bisnis mereka dengan baik dan mudah.

Google Workspace

Figure 2 Google Workspace

Nah kamu bisa menggunakan layanan google yang satu ini untuk membuat email bisnis custome dan terintegrasi dengan layanan google lainya.

2. Buat Email Dari Layaan Hosting

Jika kamu menggunakan layanan hosting, pasti akan diberikan akses control panel yang digunakan untuk mengelola website, email dan domain. Nah manfaatkan hal ini untuk membuat alamat email untuk bisnis kamu.

Banyak orang menggunakan layanan hosting untuk membangun website bisnisnya untuk kemudian lengkap dengan kebutuhan email bisnis.

Kamu bisa membuat alamat email bisnis menggunakan cpanel, CWP dan control panel yang lainya.

Buat Email Bisnis Dari CWP Control PanelFigure 3 Buat Email Bisnis Dari CWP Control Panel

Kamu bisa membuat email bisnis di CWP di menu akun email >> pilih akun email >> tambah kotak surat yang baru.

Dengan begitu akun email profesional untuk bisnis bisa didapatkan dengan mudah.

Selanjutnya kamu juga bisa membuat akun email profesional dari cpanel di menu email>> email account >> create.

buat email bisnis dari cpanel

Figure 4 Buat Email Bisnis Dari Cpanel

Nah cukup mudah sekali bukan untuk membuat email bisnis dari layanan hosting kamu? Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca ulasan membuat email perusahaan di cpanel ini. Yang sudah kami ulas tutorial pembuatan email dengan mudah.

Untuk memudahkan kamu membuat email bisnis profesional dari hosting, bisa menggunakan layanan hosting dari Jagoweb.

Layanan hosting super murah untuk membangun website bisnis kamu plus email bisnis yang profesional. Bisa pilih banyak layanan hosting mulai dari hosting CWP sampai dengan hosting cpanel.

hosting jagoweb

Figure 5 Hosting Jagoweb

 

Kesimpulan

Ada banyak perbedaan antara penggunaan email gratis dengan email berbayar. Kamu bisa memilih penggunaan email sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun untuk keperluan bisnis memang disarankan menggunakan email berbayar yang memiliki banyak fitur dan profesional untuk bisnis kamu.

Ada banyak layanan yang membantu kamu mendapatkan email bisnis, baik melalui google maupun dari layanan hosting yang kamu gunakan. Sebab pembuatan email bisnis ini bisa dilakukan dari control panel hosting misalnya CWP maupun Cpanel.

Buat akun email bisnis profesional menggunakan hosting dari Jagoweb. Buat website bisnis profesional plus email bisnis.

Sekian ulasan tentang email bisnis profesional vs email bisnis gratis hari ini. Semoga berguna dan membantu kamu untuk memilih maupun membuat alamat email yang bagus untuk bisnis.