Untuk itu perlindungan akan website perlu dilakukan salah satunya dalam pemilihan jasa hosting Indonesia, apakah mereka memberikan perlindungan terhadap website klien dengan baik atau kurang, gimana sih cara mengamankan website dan meningkatkannya? Di artikel kali ini kita akan mengulas mengenai keamanan website.

Keamanan Website

Sebelum mengetahui cara-cara  mengamankan website, akan lebih baik jika kita mengetahui secara dasar dahulu apa sih pentingnya menjaga keamanan website dan bagian apa saja yang termasuk dari menjaga keamanan website?

Tujuan utama dari menjaga keamanan website adalah untuk menghindari tindak kejahatan di internet yang ditargetkan ke website kita, sehingga jika kita sudah melindungi website dengan baik, pastinya resiko kejahatan dari luar bisa diminimalkan. Jangan lupa bahwa kejahatan di internet sangat banyak macamnya, mulai dari iseng dari hacker sampai kejahatan yang direncanakan untuk keuntungan pribadi. Kerugian jika sampai terkena kejahatan di internet ini pun tidak bisa disepelekan, bisa berimbas ke nama baik sampai dengan kerugian finansial.

keamanan website

Tujuan selanjutnya adalah untuk melindungi segala informasi yang ada di website kita agar selalu aman dari dalam, sehingga ketika pengunjung datang ke website kita tidak akan terkena virus-virus atau malware yang membahayakan mereka. Tentunya ini juga akan berimbas pada perkembangan website, karena sekarang ini jika website tidak aman juga tidak bisa dibuka pengunjung yang secara tidak langsung akan menurunkan traffic website Anda.

Jadi kemananan dan perlindungan website selain berguna untuk mencegah kejahatan dari luar juga sangat berguna untuk menjaga website kita agar selalu aman untuk pengunjung. Jangan sampai disepelekan ya masalah keamanan website ini.

Bagian Keamanan Website

Cara-cara melindungi website bukan hanya dengan satu tameng dan kemudian website sudah langsung aman. Ada tiga hal yang menjadi dasar menjaga keamanan dari website. Tiga hal ini menjadi tiang yang menyangga agar website selalu aman, apa sajakah itu? 

1. Protection (Perlindungan)

Jika dilihat dari maknanya, protection hanya diartikan sebagai melindungi, namun praktiknya protection ini tidak hanya dilakukan begitu saja.

Protection adalah cara-cara yang Anda lakukan untuk menjaga website, misalnya dari pemilihan jasa hosting Indonesia atau layanan hosting yang Anda pilih, tentukan layanan yang jelas menjamin keamanan website, server yang digunakan berkualitas sehingga jika layanan hosting sudah aman maka resiko kejahatan di website Anda juga lebih kecil.

Bisa juga dengan melakukan proteksi dari diri Anda, seperti mengganti secara berkala informasi log in account sehingga website lebih aman.

Hal-hal di atas adalah bentuk perlindungan atau protection untuk website, jika Anda ingin website aman maka lakukan proteksi dari awal.

2. Detection (Pendeteksian)

Setelah melakukan proteksi, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pendeteksian. Seperti yang kita tahu, kejahatan di internet terjadi bahkan ketika kita tidak menyadarinya, ia tidak bisa dilihat bahkan bekeja dengan diam sampai akhirnya kita merasakan kerugiannya.

Untuk mencegah adanya kejahatan secara dini di website Anda, maka deteksi perlu dilakukan. Jangan khawatir bagaimana cara mendeteksi kejahatan di website Anda, karena bisa memasang software ataupun plugin untuk mendeteksi hal-hal yang mencurigakan.  Jika ada pergerakan yang tidak normal, otomatis plugin atau software keamanan ini akan langsung memberikan notifikasi kepada Anda.

Baca juga : Jangan Salah Dulu, Hacker Tidak Selalu Buruk Loh

Beberapa bentuk melindungi website pada tahapan ini adalah dengan memasang plugin website. Untuk website CMS seperti Wordpress ini, sudah tersedia banyak plugin gratis sampai berbayar untuk membantu Anda mengamankan website jadi website terlindungi dengan baik.

Tentunya upgrade secara berkala juga harus terus dilakukan, agar plugin ini bisa optimal dalam menjaga website Anda.

3. Recovery (Pemulihan)

Ini adalah opsi yang bisa dilakukan jika website terkena kejahatan di internet ataupun untuk mencegahan kejahatan website , yaitu pemulihan.

Pemulihan adalah cara untuk mengembalikan kerusakan atau kehilangan data-data di website agar bisa diakses kembali secara normal. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pemulihan website adalah dengan melakukan back up data website dan melakukan re-boot     website.

Backup data website bisa dilakukan dari layanan hosting yang Anda gunakan, jadi ketika Anda mengalami kehilangan atau kerusakan data, informasi yang ada di website Anda tidak sepenuhnya hilang, namun ada cadangannya.

Sedangkan re-boot dilakukan untuk melindungi website, jika terjadi down ataupun error, pada saat kondisi seperti ini kemungkinan hacker bisa masuk dalam website Anda, untuk menghindarinya tentu saja plugin keamanan dan re-booting perlu dilakukan.

Cara Mengamankan Website

Berikut adalah beberapa cara mengamankan website yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan Menggunakan Layanan Hosting yang Menjamin Keamanan

Memilih layanan hosting terbaik adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin memiliki website yang aman terlindungi. Layanan hosting merupakan satu hal awal yang dipilih sebelum membuat website, oleh karena itu pemilihan layanan hosting sangat penting dan berpengaruh ketika menjalankan website.

Jangan hanya menginginkan harga murah saja, namun pilihlah layanan hosting yang benar-benar memberi keuntungan untuk Anda, selain menjamin kecepatan dan kapasitas website, keamanan yang diberikan juga penting untuk diperhatikan.

Keamanan yang diberikan layanan hosting ini bisa melindungi website Anda dari serangan virus, malware dan hacker lho!

2. Password

plugin websitePassword adalah satu satunya jalan agar bisa mengakses media, sebagai tuan rumah Anda pastinya harus menjaga kunci rumah Anda dengan benar agar rumah selalu rapat dan terhindar dari penyusup.

Dalam menggunakan website, lakukan penggantian password secara berkala hal ini akan melindungi dari kemungkinan penyusup masuk. Hindari menyimpan Password dalam browser karena ini memiliki resiko besar orang lain masuk ketika menggunakan perangkat yang sama. Mengintegrasikan password dengan email juga membantu Anda melindungi website, jadi ketika ada orang yang berusaha masuk tanpa izin, pastinya akan segera mendapatkan notifikasi dari email.

Hindari menggunakan password yang mengandung informasi pribadi, seperti tanggal lahir ataupun nama dan sebagainya.

3. Instal Plugin Keamanan

Seperti yang sudah disinggung di atas, plugin kemanan merupakan satu hal penting yang perlu Anda instal untuk website Anda.

Ada banyak sekali plugin kemanan seperti Akismet, iTheme Security , Wordfence Security, dan lain sebagainya. Wordpress menyediakan banyak sekali plugin keamanana yang bisa diakses secara gratis ataupun berbayar dengan fitur prima.

4. SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah salah satu sistem yang bisa membantu Anda mengamankan website. Untuk website-website yang melakukan transaksi informasi sangat perlu menggunakan sistem ini untuk penjagaan. SSL menggunakan sistem enkripsi sehingga hacker tidak bisa masuk karena tidak bisa memecahkan kode yang sudah dienkripsi.

SSL sangat penting untuk menjaga informasi seperti nomor rekening dan sebagainya. Sekarangpun browser juga sudah membatasi website yang tidak ber-SSL sehingga pengunjung tidak bisa mengaksesnya, misalnya muncul dengan halaman not secure.

Kesimpulan

Keamanan website sangat penting untuk menjaga semua informasi dari dalam maupun informasi pengunjung yang ada di website tersebut. Untuk menghindari semua bentuk kejahatan di internet, keamanan ini wajib dimiliki dan ditingkatkan terutama untuk pemilik website-website yang besar. Tambah pengetahuanmu dengan Lebih Dekat Mengenal Hosting dan Fungsinya.

Beberapa cara mengamankan website salah satunya dengan memilih jasa hosting Indonesia yang memberikan jaminan keamanan dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah Jagoweb, layanan hosting profesional dan terpercaya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!