Kenali Jenis Error yang Sering Terjadi Pada Website - Masalah website error adalah masalah yang cukup mengganggu untuk pengguna internet ketika sedang berseluncur di internet. Bagaimana dengan pemilik website? Apakah mereka tidak merasa dirugikan dengan error pada website tersebut? Tentunya error ini memberikan kerugian, lebih-lebih untuk website yang digunakan keperluan bisnis seperti toko online maupun website perusahaan. Dari error website bisa menyebabkan turunnya traffic atau pengunjung, pun akan berimbas pada keuntungan finansial bisnis jika dibiarkan terus menerus.

Error pada website ini bisa terjadi karena masalah jaringan maupun masalah dari hosting website. Oleh karena itu pengecekan perlu dilakukan untuk mencari sebabnya, jika masalah ada pada hosting maka pemilik website direkomendasikan menggunakan layanan hosting terbaik agar memberikan pelayanan yang terbaik pula. Kali ini Jagoweb akan membahas masalah error yang sering terjadi pada wesite. Apa sajakah itu? Yuk kita bahas di artikel kali ini

Manfaat Mengetahui Error Website

Untuk Anda yang mengelola website pengetahuan soal error website ini harus banyak diketahui agar ketika website yang Anda kelola mengalami error bisa mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana penangannya. Ini adalah pengetahuan dasar yang harus Anda pelajari, terlebih jika website Anda sudah memiliki traffic yang tinggi dan menjadi sumber pendapatan keuangan. Literatur yang membahas soal error website ini juga cukup banyak tersebar di internet, tinggal bagaimana Anda mempelajarinya untuk meningkatkan pengetahuan pengelolaan website.

Baca Artikel Mengenal Server Dalam Hosting

Jenis-Jenis Error Pada Website

Berikut adalah jenis-jenis error atau masalah yang sering terjadi pada website.

1. This Site Can’t Be Reached

Sebagai pengguna internet, pasti Anda pernah mengalami masalah error dengan halaman kosong dan muncul tulisan This site can’t be reached. Masalah ini bisa disebabkan karena masalah jaringan atau koneksi internet pengguna. Masalah website error seperti ini sangat umum dan banyak terjadi, penangannya pun juga mudah. Cek koneksi internet perangkat yang Anda gunakan jika masih terhubung maka cek sinyal atau kecepatan internet jika kecepatan internet cukup lambat berarti ini adalah masalah sinyal, terakhir adalah cek data selular, bisa jadi data selular di perangkatmu sudah habis. Jangan khawatir masalah error website yang ini, karena ini bukan error yang serius.

2. This Domain Name Expired 

Masalah error website selanjutnya adalah ketika masuk dalam website Anda namun yang muncul bukan tampilan website melainkan halaman mercusuar dan pesan bahwa domain sudah expired. Hal ini terjadi karena masalah domain yang Anda gunakan, bisa jadi domain sudah kadaluarsa atau Anda belum memperpanjangnya. Beberapa penyebab lain yang membuat situs website terjadi error seperti ini adalah

  1. masalah pada DNS website, ketika pengaturan di DNS belum sesuai
  2. Domain website Anda sudah kadaluarsa
  3. Domain webite di suspend

Satu-satunya jalan untuk memperbaiki error pada website yang ini adalah dengan menghubungi layanan domain yang Anda gunakan sebelumnya. Masalah domain yang sudah expired ini tentunya karena kesalahan pemilik website yang tidak segera memperpanjang masa aktif domain sehingga masalah seperti ini akan menimbulkan kerugian baik untuk traffic website maupun untuk keuntungan finansial.  Untuk Anda yang memiliki website dan sudah berkembang dengan baik, masalah domain kadaluarsa ini jangan sampai terjadi agar Anda tidak merugi.

3. Situs Tidak Diketahui

Ini adalah jenis error pada website ketika pengguna internet tidak menuliskan alamat website dengan benar. Biasanya ditandai dengan loading menuju website yang lama dan muncul halaman mercusuar dengan pesan situs tidak diketahui, umunya ini terjadi karena nama website sulit untuk dieja atau ambigu sehingga menyebabkan pengguna internet sulit untuk mengingat dan menuliskannya. 

Baca Artikel : Perbedaan Server Hosting USA dan Server Hosting INDO 

Oleh karena itu banyak yang menyarankan bahwa nama website harus dibuat semudah mungkin pelafalannya agar mudah diingat dan menghindari penggunaan angka untuk menghindari ambiguitas. Masalah error pada website ini masih masuk dalam masalah yang ringan karena penulisan yang salah namun jika banyak kasus yang terjadi, hal ini akan merugikan website Anda karena website sulit ditemukan pengguna internet.

4. Blank Website

Pernahkan kamu membuka website dan hanya muncul layar putih saja? Hal ini sangat mengganggu terlebih lagi jika website yang ingin di buka adalah website toko online atau website berita dimana kita memerlukan informasi yang ada disana. Blank website ini banyak terjadi pada website jenis CMS semacam Wordpress dan lainya. Hal ini terjadi karena di dalam pengaturan website ada yang tidak dalam keadaan baik. Beberapa penyebabnya adalah

  1. Ukuran konten website yang sudah overload
  2. Tema website yang terlalu berat atau tema yang rusak
  3. Plugin website yang error

Jadi jika website Anda diakses dan hanya muncul white screen saja, di atas adalah penyebab yang mungkin terjadi. Oleh karena itu penyesuaian pengaturan dalam website dan kapasitas website harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya blank website. Ukuran konten website yang sudah melebihi kapasitas adalah hal yang paling sering menjadi penyebab blank website. Masalah plugin ini juga menjadi penyebab utama, misalnya plugin yang tidak sesuai dengan website.

Cara yang bisa Anda lakukan jika penyebab dari plugin adalah meng-disable plugin dan menghapus plugin jika tidak diperlukan.

Coba upgrade layanan hosting website Anda agar mendapatkan kapasitas server yang lebih tinggi karena masalah blank website ini cukup mengganggu terlebih untuk customer yang masuk di website bisnis Anda, karena bisa menyebabkan pengunjung website meninggalkan halaman website ini dalam hitungan beberapa detik saja. Sedangkan masalah eksternal yang membuat website terjadi blank website adalah masalah hosting atau server yang error. Gunakan layanan hosting terbaik untuk menghindari masalah hosting dan menyebabkan blank website ini.

Baca Artikel : 4 Alasan Kenapa Website Berjalan Lambat 

4. Http Error

Ada banyak jenis http error yang sering terjadi tentunya penyebab dari error ini juga banyak faktor, seperti tidak ada izin akses atau file akses yang tidak ditemukan dan banyak jenis lainya. Beberapa jenis http error yang cukup umum adalah

5. Error 401

Ini adalah jenis error yang banyak ditemui ketika membuka halaman website dan yang muncul hanyalah Error 401 atau unauthorized. Taukah kamu apa yang membuat hal ini terjadi? Error 401 terjadi karena Anda tidak diizinkan masuk dalam halaman website  tersebut. Kenapa? Banyak hal penyebabnya seperti Anda tidak memiliki akses untuk halaman ini, bentuk perlindungan dari hosting atau penulisan alamat website yang salah.

6. Error 404

Nah jenis error seperti ini pasti banyak ditemukan oleh pengguna internet. Error 404 atau not found, bebereapa penyebab dari error 404 ini adalah penulisan alamat yang kurang  benar, file yang tidak dapat ditemukan, masalah pada DNS maupun plugin. Perbaikan untuk error 404 ini adalah dengan melakuakan pengcekan pada alamat website, penghapusan cache, me-reload halaman. Ada banyak sekali error http yang terjadi namun kedua hal di atas adalah jenis error yang paling banyak ditemukan.

Kelancaran akses website adalah hal yang harus diperhatikan untuk memberikan pelayanan yang bagus untuk customer dari website. Salah satu hal yang memengaruhi adalah layanan hosting, gunakan layanan hosting terbaik untuk membantu Anda memberi kelancaran akses website pada pengunjung. Seperti Jagoweb.com layanan hosting berkualitas dan terpercaya membantu websitemu aman dan mudah diakses.